Sukses

Berdarah Setelah Cabut Gigi

23 Oct 2015, 11:00 WIB
Wanita, 35 tahun.

saya hari selasa pagi cabut gigi geraham atas kanan, hingga sekarang (kamis malam) darahnya belum berhenti juga. sudah gigit kapas (sampe bosen) dan mual tapi tiap ganti kapas selalu ada gumpalan darah yang ikut lepas. waktu dicabut memang agak susah prosesnya padahal 2 minggu sebelumya saya juga cabut gigi geraham atas kiri dan 1 1/2 hari darahnya sudah berhenti. apa yang harus dilakukan agar darah berhenti ya dokter? saya diberi obat amoxilin, antalgin dan vitamin (karena saat gigi yang satunya dicabut tak lama muncul sariawan di lokasi bekas gigi). terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang dialami. Bagaimana dengan instruksi dokter gigi pasca pencabutan gigi, apakah Anda ikuti dengan baik?Setelah pencabutan gigi, pasien tidak boleh banyak berkumur atau melakukan gerakan menyedot/menghisap seperti meludah, atau merokok karena dapat merusak bekuan darah yang terbentuk di dalam soket bekas pencabutan untuk menutup bekas luka. Jika bekuan darah yang sudah terbentuk rusak, rembesan darah akan terus keluar. Apakah darah tersebut terus menerus keluar sejak pencabutan atau sudah sempat berhenti lalu keluar lagi? Kalau sudah sempat berhenti lalu keluar lagi hal tersebut bisa saja terjadi mungkin disebabkan trauma pada daerah luka bekas pencabutan misalnya terbentur sikat gigi saat penyikatan.

Tidak disarankan untuk mencongkel-congkel soket atau kantung bekas gigi yang telah dicabut dengan alat apapun terutama yang tidak steril. Anda dapat coba berkumur dengan obat kumur antiseptik yang dapat dibeli bebas di apotik, jangan kumur kuat-kuat cukup pelan saja. Lanjutkanlah antibiotik yang telah diberikan untuk diminum sesuai dosisnya sampai habis. Jika keluhan ini masih berlanjut, sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi yang mencabut gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar