Sukses

Tetralogi Of Fallot

27 Oct 2015, 11:19 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok, jika penderita tof umur 19 tahun tapi belum operasi, apa resiko kedepannya ? apakah akan ada komplikasi karena tof ? seberapa penting operasi bagi penderita tof ? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

ToF adalah defek jantung kongenital sianotik yang mana kelainan utamanya adalah deviasi anterior dari septum infundibulum (septum otot yang memisahkan aliran darah ke pembuluh darah aorta dan pulmoner).                 

-Anak dengan TOF umumnya akan mengalami keluhan :

  • Sesak saat beraktivitas
  • Berat badan bayi tidak bertambah
  • Pertumbuhan berlangsung lambat
  • Jari tangan clubbing (seperti tabuh genderang)
  • Kebiruan : Kebiruan akan muncul saat anak beraktivitas, makan/menyusu, atau menangis dimana vasodilatasi sistemik (pelebaran pembuluh darah di seluruh tubuh) muncul dan menyebabkan peningkatan shunt dari kanan ke kiri (right to left shunt). Darah yang miskin oksigen akan bercampur dengan darah yang kaya oksigen dimana percampuran darah tersebut dialirkan ke seluruh tubuh. Akibatnya jaringan akan kekurangan oksigen dan menimbulkan gejala kebiruan.

Terapi yang diberikan ditujukan untuk mencegah terjadinya gagal jantung dan kematian yang dapat terjadi pada penderita Tetralogy Of Fallot. Tindakan operasi adalah yang terbaik dengan syarat-syarat yang akan ditentukan oleh dokter pemeriksa.         

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar