Sukses

Penyebab GERD

26 Oct 2015, 11:06 WIB
Pria, 27 tahun.

dok, saya sakit GERD/Gastritis dan diberi minum obat Rocer/Ulceranin tapi tenggorokan saya sering terasa mengganjal, apakah itu karena gejala GERD atau efek samping obat?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Penyebab GERD

Perbatasan antara esofagus dan lambung terdapat sphincter, yakni otot melingkar yang dapat mengencang (menutup) dan mengendur (membuka). Ketika kita menelan makanan otot sphincter itu akan melonggar sehingga makanan dan cairan mengalir menuju lambung dan seketika setelahnya akan kembali menutup.

Namun, jika katup ini melemah atau mengendur abnormal, maka asam lambung maupun isi lambung akan bisa mengalir kembali ke esofagus (refluks), dan timbullah rasa mulas dan mual.

Jika asam lambung terus-terusan refluks, maka akan mengiritasi lapisan esofagus, membuatnya menjadi meradang (esofagitis). Seiring waktu, peradangan dapat merusak lapisan esofagus, menyebabkan komplikasi seperti pendarahan, penyempitan esofagus atauBarrett’s esophagus (kondisi prakanker).

Faktor-faktor risiko atau kondisi yang bisa menjadi penyebab GERD adalah:

  • Obesitas atau kegemukan
  • Hernia hiatus
  • Pengosongan lambung yang tertunda
  • kehamilan
  • Merokok
  • Mulut kering
  • Asma
  • Diabetes melitus
  • Gangguan jaringan ikat, seperti skleroderma

Efek samping mengkonsumsi obat yang Anda maksud itu biasanya diare, mual, sakit kepala, sembelit dan perut kembung pernah dilaporkan tetapi jarang. Pada sejumlah pasien, ruam kulit mungkin terjadi. Jarang terjadi refluks seperti yang Anda alami.                      Sebaiknya konsultasikan langsung keluhan Anda pada dokter jika keluhan Anda sangat mengganggu aktifitas untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar