Sukses

Penciuman Terganggu Setelah Kecelakaan

22 Oct 2015, 15:43 WIB
Wanita, 17 tahun.

orang umur 25 tahun mengalami kecelakaan 4 minggu lalu dan mengakibatkan cedera pada bassis craniinya tqpi sekarang dia mengalami kehilangan kemampuan membau. kelainannya apa ya dok?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penurunan kemampuan di dalam penciuman di dalam dunia medis disebut dengan hiposmia. Gangguan pembauan ini dapat terjadi secara total (seluruh jenis bau), parsial, atau spesifik. Hiposmia dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :

  • alergi
  • polip hidung
  • infeksi virus
  • trauma kepala
  • berkaitan dengan penyakit parkinson

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ pembauan Anda, disarankan untuk membawa orang tersebut melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya, dilakukan pemeriksaan laboratorium, dan apabila perlu dilakukan pemeriksaan pencitraan (CT-scan atau MRI) kepala untuk menyingkirkan penyebab di kepala (tumor, kelainan tulang tengkorak).

Kecelakaan yang orang tersebut alami mungkin berhubungan atau mungkin juga tidak berhubungan. Hal ini dapat ditegaskan melalui pemeriksaan yang sudah kami sebutkan di atas. Terapi yang akan diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar