Sukses

Warna sperma kekuningan?

22 Oct 2015, 08:43 WIB
Pria, 14 tahun.

Permisi dok, saya baru berusia 14 tahun. saya baru pertama kali onani. kenapa sperma yang saya keluarkan awalnya berwarna putih susu, lalu keluar sperma berwarna kekuningan. apakah itu normal dok? terima kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Secara normal sperma mempunyai warna putih atau abu - abu muda. Sebagian besar perubahan warna sperma adalah suatu kondisi yang normal. Namun, perubahan warna yang berlangsung berminggu - minggu hingga beberapa bulan harus dicermati dan dicari penyebabnya oleh tenaga kesehatan.

Berbagai penyebab sperma kekuningan bisa disebabkan oleh asupan makanan, umur, asupan vitamin, frekuensi hubungan seksual, penyakit, dsb.

Asupan makanan yang tinggi sulfur dapat menyebabkan perubahan warna sperma. Makanan tinggi sulfur seperti bawang putih, bawang bombay, kacang - kacangan, selada, brokoli, dan asparagus dapat menyebabkan sperma memiliki warna kekuningan. Jika anda sering mengkonsumsi makanan seperti ini, anda disarankan untuk menguranginya dan meminum banyak air putih agar sulfur yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat keluar bersama urin.

Umur juga dapat berpengaruh. Seiring dengan bertambahnya umur, dapat terjadi perubahan warna sperma. Perubahan yang biasa dialami adalah warna sperma menjadi kekuningan dan karena terjadi secara perlahan banyak yang tidak menyadarinya. Multivitamin juga dapat berpengaruh, jika anda merasa hal ini yang menyebabkan anda dapat mengurangi dan lihat apakah sperma anda sudah memilki warna normal atau tidak.

Pada kondisi seperti yang anda alami, diamana sperma baru kali pertama dikeluarkan, perubahan warna sperma menjadi kekuningan dapat disebabkan oleh karena sperma yang sudah lama tidak dikeluarkan dapat berubah warna. Sperma terbentuk oleh testis lalu akan memenuhi ruang bernama vesica seminalis bila tidak dikeluarkan dan akan mengental. Adanya urin di dalam cairan sperma juga dapat merubah warna. Pada saat lelaki mencapai ereksi, aliran urin akan terhenti sehingga cairan yang dikeluarkan pada saat ejakulasi hanya mengandung cairan ejakulasi yang berisi sperma. Namun pada kasus tertentu beberapa tetes urin dapat lolos dan bercampur menjadi sperma. Buang air kecil sebelum melakukan hubungan dapat menghindari hal ini.

Penyebab lain adalah suatu penyakit. Pada cairan sperma yang berwarna kekuningan, kehijauan, atau keemasan dapat terjadi karena infeksi pada prostat. Cairan yang kental, padat, atau seperti jelly dapat terjadi karena kadar hormon yang sedikit. Warna pink, merah, atau coklat tua dapat mengindikasikan terdapatnya darah yang disebabkan karena perdarahan pada prostat. Penyakit menular seksual (PMS) juga dapat merubah warna cairan sperma. Pada PMS selain perubahan warna, juga terjadi bau sperma yang busuk atau lain daripada normal. Selain itu juga dapat terjadi nyeri, demam, dan penyakit penyerta lainnya.

Bila perubahan ini berlangsung terus dan menetap, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi atau dokter spesialis bedah urologi untuk mencari penyebab dan diagnosis yang tepat sehingga diketahui penyebab pasti terkait kondisi anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,
Semoga dapat bermanfaat.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar