Sukses

Analisa Hasil TORCH

23 Oct 2015, 15:42 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter,saya br mengalami keguguran 2 minggu yg lalu,hasil lab saya spt berikut,bisakah saya mendapat penjelasan mengenai data di bawah ini: Toxo IgG : (-) Toxo IgM : (-) Rubella IgG : (+) titer 53 Rubella IgM : (-) CMV IgG : (+) titer 31 CMV IgM : (-) HSV1 IgG : (+) HSV 2 IgG : (+) HSV1 IgM : (+) apakah aman jika saya hamil lagi? terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

TORCH merupakan singkatan dari beberapa infeksi yang sering dijumpai pada kehamilan dan dapat jg menginfeksi janin, antara lain : Toksoplasma, Rubella, Citomegalovirus dan Herpes. Adanya infeksi-infeksi ini dapat dideteksi dari pemeriksaan darah. Biasanya ada 2 petanda yg diperiksa untuk tiap infeksi yaitu Imunoglobulin G (IgG) dan Imunoglobulin M (IgM). Normalnya keduanya negatif. 

Dari keterangan yang Anda berikan yaitu IgG Rubella positif  53 , IgG CMV positif 31, IgG HSV2  positif dan IgM HSV1 positif. Setiap laboratoium memiliki standar nilai normal masing-masing, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Hasil ini menunjukkan Anda saat ini terinfeksi HSV1 dan pernah terinfeksi Rubella, CMV, dan HSV2. HSV1 merupakan infeksi herpes simpleks tipe 1. 

Jika IgG positif dan IgMnya negatif,artinya infeksi terjadi dimasa lampau dan tubuh sudah membentuk antibodi. Pada keadaan ini tidak perlu diobati. Namun, jika IgG negatif dan Ig M positif,artinya infeksi baru terjadi dan harus diobati. Selama pengobatan tidak dianjurkan untuk hamil karena ada kemungkinan infeksi ditularkan ke janin. Kehamilan ditunda sampai 1 bulan setelah pengobatan selesai (umumnya pengobatan memerlukan waktu 1 bulan). Jika IgG positif dan IgM juga positif, maka perlu pemeriksaan lanjutan yaitu IgG Aviditas. Jika hasilnya tinggi,maka tidak perlu pengobatan,n amun jika hasilnya rendah maka perlu pengobatan seperti di atas dan tunda kehamilan. Pada infeksi Toksoplasma,jika dalam pengobatan terjadi kehamilan,teruskan kehamilan dan lanjutkan terapi sampai melahirkan.Untuk Rubella dan CMV,jika terjadi kehamilan saat terapi,pertimbangkan utk menghentikan kehamilan dengan konsultasi kondisi kehamilan bersama dokter kandungan anda. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar