Sukses

Bintik Kemerahan Dan Gatal Pada Dagu

23 Oct 2015, 13:08 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok, di daerah dagu saya ada bintik kemerahan dan sangat gatal. bahkan saat ini seperti luka bakar. saya pakaikan calycil. sebelumnya saya memang punya alergi daging2 olahan dan susu. adakah obat yg tepat ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

 Untuk mendiagnosis kelainan kulit diperlukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lengkap. Bintik kemerahan dan gatal bisa karena beberapa penyakit misalnya eksim. Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Keradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan,wajah dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik.                             

Gejala utama dari timbulnya eksim ringan adalah daerah halus, sedikit memerah kering, bersisik, dapat menimbulkan gatal ataupun tidak. Pada penderita eksim akut, kulit akan mengalami gatal yang intens, biasanya terjadi di bagian depan siku, belakang lutut, dan wajah. Namun, setiap daerah kulit mungkin terpengaruh. Selanjutnya, kulit menjadi lebih sensitif terhadap kain gatal, terutama wol.

Pada beberapa kasus, alergi terhadap makanan juga memengaruhi eksim. Contohnya makanan seperti susu sapiikantelurjerukkacang, dan gandum.

Terapi utama eksim karena alergi adalah menghindari makanan yang menyebabkan alerginya kambuh. Eksim ringan tidak memerlukan pengobatan, tetapi hidrasi kulit harus dijaga supaya tidak terlalu kering. Di antaranya dengan menggunakan krim hidrokortison pada area kulit yang terinfeksi beberapa kali dalam sehari. Untuk penderita eksim akut, dapat menggunakan krim steroid atau obat antihistamin untuk mencegah atau mengontrol rasa gatal. Beberapa pengobatan lain untuk mengatasi eksim meliputi kompres dingin, antibiotik, kortikosteroid, dan fototerapi. Sebelum melakukan terapi sebaiknya konsultasikan dulu ke Dokter.    

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar