Sukses

Hiperpigmentasi Pasca Garukan

04 Nov 2015, 13:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat siang dokter saya mau tanya kaki saya kalau habis di garuk pasti selalu ada bekasnya apakah itu pertanda saya ada darah manis ya dok?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Penyakit  prurigo bersifat herediter (keturunan), apabila ibu Anda menderita, sebagian Anak kemungkinan akan terkena. Pada penderita prurigo bila terkena gigitan serangga akan langsung timbul bintik merah yang kemudian berkembang dan menimbulkan rasa gatal yang begitu hebat, sehingga rasa ingin menggaruk terus menerus dan meninggalkan bekas luka hitam. Gatal-gatal biasanya sering muncul pada bagian kulit pada tungkai kaki, lengan tangan bagian bawah, dahi, pipi, kulit pada perut dan bokong.

Penanganan prurigo adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Pengobatan yang sering diberikan adalah kortikosteroid topikal (oles) 1x/hari malam hari dan antihistamin (anti gatal: CTM, loratadin, cetirizine). Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda agar tidak timbul prurigo kembali, antara lain dengan memerhatikan faktor-faktor di atas yang diduga berpengaruh. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Namun ada juga obat untuk menghilangkan bekas luka seperti salep hidrokuinon.

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangat sedikit,sehingga tidak dapat kami tegakkan diagnosa penyakit Anda. Namun Bagaimanapun Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi optimal lebih lanjut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar