Sukses

Cara Perawatan Bayi Prematur Agar Berat Bisa Naik

23 Oct 2015, 14:09 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat siang dok, saya mau bertanya. anak saya lahir prematur. dan sekarang sudah 1 bulan. pas lahir BB nya 2 kg, namun sekarang sudah satu bulan BB nya 2.3 kg. Apa yang harus saya lakukan agar BB anak saya naik cepat, pdahal ASI dikasihkan banyak.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa yang dapat Anda coba agar berat badan bayi Anda cepat naik:

 Nutrisi harus cukup!

  • Tambah berat badannya dengan memberi ASI tiap 3 jam sekali. Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang berat badan bayi 2 kg, maka kenaikan berat badan doharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusu, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Tanda kecukupan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kalo sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu kenaikan berat badan.
  • Pada bayi prematur tertentu, dokter menyarankan tambahan penguat atau fortifikasi ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan.
  • Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum.

Hemat Kalori! Batasi peggunaan kalorinya agar digunakan maksimal untuk tumbuh. Hindari memegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga ia kaget, yang berakibat membuang energinya.

Tidak kedinginan! 

  • Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º - 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º - 28ºC.
  • Bila pipis, segera ganti popoknya.
  • Bila ia kedinginan atau gelisah bungkus atau bedong-namun tidak terlalu ketat dan terlalu lama sebab memepengaruhi perkembangan motorik kasar.

Kontrol rutin! Periksakan pertumbuhannya, meliputi BB/BT dan lingkar kepala, setiap 2 minggu hingga 1 bulan sesuai anjuran dokter. (me)

Pengelupasan pada bayi Anda wajar terjadi. Jika berlebihan bisa Anda berikan baby oil agar kulit tetap lembab. Tapi tanpa diberikan juga tidak masalah.  

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

    0 Komentar

    Belum ada komentar