Sukses

Keputihan Warna Merah

18 Jan 2016, 17:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,,, teman saya punya keluhan setelah suntik kb 1 bulan menstruasi tidak lancar dan sekarang telah selesai menstruasi tapi waktu buang air kecil keluar kayak keputihan tapi warna merah,,, kenapa bisa seperti itu ya dok?? sebelumnya celana dalam tidak kotor

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keputihan berwarna merah muda juga termasuk dalam keputihan yang abnormal, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari iritasi atau mikrolesi (luka kecil) akibat trauma (garukan, gesekan,dll), infeksi, hingga gejala keganasan pada leher rahim atau rahim itu sendiri.

Untuk memastikannya perlu dilakukan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik dan reproduksi secara langsung, dan pemeriksaan penunjang terhadap cairan yang keluar lewat vagina. Untuk itu, kami sarankan teman Anda untuk memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar