Sukses

Dampak Lari Pagi

23 Oct 2015, 13:29 WIB
Wanita, 0 tahun.

dok, adakah dampak jika saya setiap hari lari pagi sebelum berangkat ke kantor?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik, dimana dibutuhkan ketahanan tersendiri dari tubuh si pelari. Olahraga yang sifatnya aerobik selain lari antara lain berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ini baik untuk kesehatan jantung manusia, jantung dipaksa memompa darah lebih cepat saat kita berlari, bersepeda, atau berenang,  otot-otot jantung pun bekerja dengan optimal. Dan bukan hanya itu, semakin lama Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak, karena panas yang dikeluarkan tubuh juga semakin besar, inilah sebabnya Anda berkeringat saat berlari.

Jika Anda kemudian berpikir, bukankah dengan berlari persendian di lutut dan kaki kita lebih cepat rusak? Penelitian mahasiswa kedokteran di Inggris menemukan fakta menarik. Dikatakan setelah sejumlah pelari diamati dalam kurun waktu 20 tahun, kondisi lutut mereka tidak lebih buruk daripada mereka yang bukan pelari, penuaan fisik para pelari justru timbul 16 tahun lebih lambat dibanding mereka yang bukan pelari.

Meskipun demikian, harus diakui pada saat berlari memang benturan di pinggul, lutut, dan pergelangan kaki jauh lebih besar, berjalan cepat tetap merupakan alternatif yang lebih baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar