Sukses

Infeksi Saluran Kemih

27 Oct 2015, 11:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Minggu lalu saya medical check up sebagai prasyarat proses rekrutmen di suatu perusahaan. saya lalu ditelpon oleh pihak perusahaan yang mengatakan di hasil medical check up saya terkena Infeksi Saluran Kencing. Saya lalu diberi waktu untuk pemulihan dan untuk meminta surat rekomendasi dokter bila sudah dinyatakan sembuh. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa ISK tanpa ada gejala? Selama ini saya tidak pernah mengalami keluhan sakit pada saat pipis atau nyeri di pinggang atau ada darah di air seni. Kalaupun anyang-anyangan saya pernah tapi tidak sering. Lalu apakah saya bisa langsung meminta pengobatan ke dokter tanpa harus membawa hasil medical check up sebelumnya karena hasil medical check up saya dipegang perusahaan. Apakah saya harus tes urin terlebih dahulu baru bisa minta pengobatan dari dokter? Kira kira berapa lama yang saya butuhkan untuk pemulihan ya dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar?Saluran kencing wanita memiliki ukuran lebih pendek (sekitar 4 cm) dibandingkan dengan saluran kencing pria, yakni sekitar 12 cm. Hal inilah yang menjadi penyebab utama. Dengan memiliki saluran kencing yang lebih pendek, bakteri E.coli, agen infeksius yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah memanjat ke dalam saluran kemih yang pendek. Infeksi saluran kemih pada umumnya menimbulkan keluhan. Dokter akan sulit mengobati tanpa adanya keluhan dan hasil pemeriksaan lab. Sebaiknya saat ini Anda mengunjungi dokter dan menanyakan penatalaksanaan lebih lanjut. Penanganan infeksi ini akan diberikan obat berupa antibiotik. Biasanya apabila belum ada komplikasi atau kondisi medis lain yang menyertai setelah pengobatan dengan antibiotik yang sesuai maka akan membaik dalam kurang lebih 3-7 hari.

Pencegahan

Pada prinsipnya langkah-langkah menjaga kebersihan vaginaadalah kunci yang utama. Namun dewasa ini infeksi saluran kemih dapat dicegah melalui pemilihan menu makanan. Salah satu makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemihyang populer saat ini adalah buah cranberry.

Sekalipun belum begitu populer di Indonesia, peminatnya sudah banyak. Dimakan langsung atau dijus, begitulah cara kebanyakan orang menikmati buah cranberry.  Buah kecil ini selain nikmat dimakan, juga memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan kita. Ya, buah cranberry dapat mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih.

Bagaimana buah mungil ini dapat melawan infeksi saluran kemih? Buah cranberry yang belum diproses ternyata mengandung anthocyanidins, yang mana berperan mencegah bakteri E.coli menempel pada saluran kemih. Nah, anthocyanidins di dalam buah cranberry tadi yang menghalangi sang bakteri untuk menginfeksi saluran kemih. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar