Sukses

Perut Melilit dan Pinggang Pegal

04 Nov 2015, 20:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

nyambung prtnyaan kmrn, d pert tu rsa nyrinya trsa melilit n pnas, lx dh gt pingang jg trsa pgel, mhn pnjlasn lbh lnjut, trima ksh.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda satu-persatu.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Anda. Untuk itu mungkin akan diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Jika sakit pinggang Anda tidak berkurang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter kembali untuk mendiskusikan keluhan Anda dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk penanganan yang optimal.

 

Nyeri Perut

Penyebab dari sakit perut di bawah dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Karena keluhan tersebut tidak khas untuk suatu penyakit tertentu, diperlukan beberapa informasi tambahan untuk mengetahui penyebab timbulnya keluhan Anda, seperti :

  • Apakah keluhan nyeri tersebut menjalar ke tempat lain atau tidak? Kemana arah penjalarannya?

  • Apakah yang menjadi pemicu keluhan nyeri tersebut atau hal-hal yang meringankan keluhan nyeri tersebut?

  • Adakah keluhan-keluhan lain yang menyertai keluhan nyeri yang anda dirasakan, seperti panas badan, lemah badan, mual, muntah, perut kembung, gangguan BAB (mencret, sulit BAB atau tidak BAB sama sekali), BAB berdarah, nyeri ketika BAK?

  • Apakah sedang mengalami menstruasi saat keluhan timbul?

  • dll.

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah dapat disebabkan karena:

  1. Gangguan saluran pencernaan

          Contoh : sumbatan pada saluran cerna, infeksi saluran cerna, atau keganasan

  1. Gangguan sistem reproduksi

          Contoh : dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar

          rahim), kista ovarium, endometriosis

  1. Gangguan saluran kencing

          Contoh : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah 

Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan anda maka kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat di kota Anda.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar