Sukses

Kram Pasca Berolahraga

18 Oct 2015, 19:24 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat malam dokter,siang tadi saya berolahraga jalan cepat dan berlari kecil dengan jarak 5km,padahal selama ini saya tidak pernah berolahraga.saat ini saya mengalami kaku di kedua pergelangan kaki,apakah itu hal yang wajar dok,dan bagaimana cara mengatasinya?mohon jawaban nya dokter ... terima kasih

 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Apakah Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga? Nyeri otot setelah aktivitas otot dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), peristiwa ini sering terjadi bila kita memulai tipe olahraga baru, merubah gaya olahraga kita atau menambah durasi dan intentistas olahraga. Saat otot bekerja lebih berat dibandingkan biasanya, terjadinya kerusakan mikroskopis pada serat otot, yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

Kram pada kaki dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila)

  2. Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.

  3. Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan)

  4. Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus

Untuk menghindari kram pada kaki, Anda dapat lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar