Sukses

Bekas Operasi Berair

21 Oct 2015, 19:45 WIB
Wanita, 38 tahun.

Selamat siang Dokter.... Tanggal 28 September 2015 saya menjalani operasi FAM payudara kanan. Setelah 2 kali kontrol dokter bilang bagus dan tidak ada masalah dan hasil PA nya menyatakan tidak ditemukan tumor ganas jadi dokter menyatakan tidak perlu kontrol lagi. tapi hari ini tanggal 17 Okt 2015 tadi pagi sehabis mandi keluar cairan bening dari bekas luka operasinya. Cairan itu juga bercampur warna merah tapi bukan merah seperti darah segar. Yang mau saya tanyakan itu cairan apa dan berbahaya atau tidak? saya tidak merasakan sakit tp kalau ditekan cairan itu keluar seperti menetes. Tolong ya Dokter...saya tunggu jawabannya...Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah cairan pada daerah bekas luka jahitan. Sayang sekali informasi yang Anda berikan kurang lengkap. Perlu diketahui terlebih dahulu:

  • Ukuran
  • Warna cairan
  • Keadaan sekitar

Apakah warna cairan bening atau putih susu-kehijauan seperti nanah? Jika bening saja, kemungkinan hanya merupakan cairan serum (bagian dari darah) yang dapat muncul dalam proses penyembuhan. Namun, jika seperti nanah maka kemungkinan ada infeksi pada proses penyembuhan luka.

Saat ini, Anda dapat mengompres bekas luka Anda dengan cairan antiseptik, menjaga kebersihannya dan jangan dengan sengaja memecahkannya. Dengan perawatan luka yang baik maka mudah-mudahan proses penyembuhan akan berjalan dengan baik pula. Jika keluhan tampak mengkhawatirkan dan mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda untuk kontrol bekas luka jahitan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar