Sukses

Lubang Hidung Tidak Simetris

03 Nov 2015, 22:30 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya mau tanya, saat bercermin saya baru menyadari bahwa posisi lubang hidung bagian kanan saya turun/ lebih rendah dari lubang hidung sebelah kiri dan sangat terlihat jelas saat saya sedang tertawa/tersenyum, bagaimana cara menanganinya dok ? hal tersebut membuat saya merasa kurang percaya diri terimakasih sebelumnya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya bagian tubuh manusia yang berpasangan tidak memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis. Umumnya akan ditemukan sedikit perbedaan dalam letak, ukuran, warna, bentuk, dll. Namun hal ini bukan merupakan kondisi yang berbahaya, dan tidak termasuk gangguan medis.

Masalah yang ditimbullkan apabila perbedaan yang Ada cukup jauh atau terlihat dengan jelas adalah adanya gangguan kosmetik. Untuk itu biasanya pembedahan (bedah plastik) dilakukan atas indikasi kosmetik saja.

Dalam kasus Anda, bila posisi lubang hidung yang tidak simetris tersebut tidak menimbulkan gangguan dari fungsi hidung (yaitu sebagai jalan napas), maka sebenranrnya tidak perlu dilakukan penanganan khusus. Kecuali jika anda ingin merubah bentuk hidung tersebut, agar terlihat lebih sempurna, yaitu dengan tindakan operasi plastik. Jika demikian, anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah plastik.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar