Sukses

Sperma Yang Keluar Sedikit

16 Oct 2015, 08:46 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter terkena batu ginjal sudah di ESWL 2x,,,sekarang dalam tahap pengeluaran batu,,kata dokter batu nya sudah dibawah...trus saya dikasi obat Harnal D 0.2mg..untuk memperlancar kencing saya, kata dokter urologi gitu..,yang saya tanyakan dokter...setelah saya berhubungan sex kenapa sperma saya yang keluar sedikit,.apa ada hubungan nya dengan konsumsi obat Harnal tersebut dokter...terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Obat Harnal yang Anda konsumsi mengandung zat aktif tamsulosin HCL yang memang ditujukan untuk membantu memperlancar kencing. Efek samping yang kerap kali timbul  akibat pemakaian obat ini adalah gangguan fungsi hati, kuning (ikterus), sakit kepala, pusing, gelisah, penurunan TD, hipotensi ortostatik, takikardi, palpitasi (jantung berdebar), gatal, ruam kulit, inkontinensia urin, rassa panas atau terbakar pada tenggorokkan, kelelahan yang menyeluruh, dll.

Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai obat, anda dapat menggunakan fitur CARI OBAT pada kolom direktori kami.

Umumnya kandungan zat dalam obat ini tidak memberikan pengaruh kepada kuantitas maupun kualitas sperma. Untuk itu, dalam kasus Anda perlu dicari kemungkinan lain dari keluhan berkurangnya jumlah sperma yang Anda alami.

Gangguan pada jumlah sperma dan kualitas sperma dapat terjadi akibat:

  • Kelelahan
  • Tidur yang kurang
  • Kegemukan
  • Kebiasaan merokok dan minum minuman keras
  • Faktor psikologi : stress berkepanjangan, panik, depresi
  • Faktor lingkungan (radiasi atau bekerja di lingkungan yang tinggi cemarannya, seperti kawasan industri)
  • Suhu di sekitar testis yang terlalu panas, misalnya pada orang yang bekerja terus-menerus di dekat panas seperti supir atau juru masak, atau memakai celana yang terlalu ketat juga bisa mengganggu kesehatan testis
  • Ketidakseimbangan hormon testosteron
  • Varicocele (pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar)
  • Infeksi saluran reproduksi
  • Kelainan kromosom

Hal lain yang juga mengganggu jumlah cairan sperma adalah frekuensi mengeluarkan sperma, jika Anda sering mengeluarkan sperma, maka jumlah sperma relatif lebih sedikit.

Perlu Anda ketahui bahwa kesuburan pria tidak hanya dilihat dari jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi, namun perlu dilakukan pemeriksaan dan analisis sperma secara mendalam untuk dicari jumlah sel spermatozoa, dan kecepatan pergerakannya.

Untuk itu, kami anjurkan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis urologi yang sebelumnya menangani anda, untuk menganalisa penyebab keluhan serta penanganan yang tepat sesuai kondisi Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar