Sukses

Penebalan Dinding Rahim

23 Oct 2015, 07:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok , saya beberapa bulan yang lalu mengalami penebalan dinding pada rahim hingga akhirnya saya rutin berobat ke dr.Spesialis sampai sembuh sekarang saya setiap bangun tidur sering keluar darah , tetapi keluar hanya saat bangun tidur saja dan itu tidak setiap hari tetapi kalo saya stres , capek dll apakah berbahaya ??? apakah itu tanda penebalan kembali dinding rahim saya dok mohon penjelasannya terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Penebalan dinding rahim,  dalam dunia medis sering disebut dengan hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim karena ketidakseimbangan hormonal, terjadi peningkatan hormon estrogen yang tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Memang penebalan dinding rahim sering menyebabkan rasa sakit  atau perdarahan melalui vagina yang memanjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah). Hiperplasia endometrium bukanlah kanker, namun dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker. 

Hiperplasia endometrium terbagi menjadi 3 tipe yaitu: Simplek, Kistik, Atipik. Penderita hiperplasia endometrium Simplek dan Atipik masih dapat hamil. Penanganannya individual tergantung pada keparahan ketebalan endometrium keponakan Anda apakah dengan tindakan kuretase, pemberian obat hormon atau jika terdeteksi adanya kemungkinan kanker maka biasanya dilakukan pengangkatan rahim (histerektomi). Untuk itu hal ini paling baik didiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda dan memang sebaiknya ditangani karena perdarahan yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kurang darah, lemas dan mengganggu aktivitas.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar