Sukses

Gatal Saat Memakai Gurita dan Luka Persalinan Normal
21 Oct 2015, 07:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

Cara agar tidak gatal saat memakai angkin/gurita ? Bagaimana cara agar jahitan persalinan normal bisa cepet kering ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika Anda merasa gatal saat memakai gurita, hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pemakaian bahan-bahan yang dioleskan terlebih dahulu ke atas kulit perut sebelum pemakaian gurita. Jika Anda sensitif atau alergi terhadap bahan tersebut, hal itu bisa menyebabkan gatal, kulit kemerahan, hingga iritasi dan perih.

Rasa gatal dapat juga dirasakan karena pemakaian gurita yang lama, ditambah dengan keringat yang terkurung di dalam gurita tersebut. Iritasi keringat yang terkurung tersebut juga dapat menimbulkan gatal. Jika hal ini berlangsung lama, tak menutup kemungkinan dapat tumbuh jamur di area tersebut akibat lingkungan yang lembab. Jamur juga dapat menyebabkan rasa gatal.

Oleh karena itu, jika Anda sensitif, hindari penggunaan bahan-bahan oles di kulit sebelum memakai gurita. Sebisa mungkin hindari berkeringat. Jika Anda berkeringat, mandi atau gantilah gurita dengan yang kering.

Jahitan luka persalinan normal umumnya akan mulai mengering kurang lebih setelah 1 minggu pasca persalinan. Aktiflah bergerak seperti biasa, namun jangan berlebihan. Bersihkan area tersebut dengan baik, namun jangan digosok agar tidak iritasi dan tidak luka. Makanlah makanan yang bergizi, mengandung protein, dan minum banyak air putih agar penyembuhan luka berlangsung dengan baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar