Sukses

Test Pack Positif Saat Haid

15 Oct 2015, 16:24 WIB
Wanita, 26 tahun.

Slmt malam dok. Izin bertnya. -Sya dkuret 10 Sept 2015 -21 sept 2015 sy chekup (tes drah dn usg) hsil dri tes rahim dan perut sya bersih tidak ada sisa dan adanya asam lambung tinggi shgamsh mrskan mual dan skit prut. -24 s/d 26 tespeck negativ. -28 sept s/d 3 Okt 2015 sya menstruasi. -4 Okt 2015 Tespek tapi 2 garis samar padhal sya tdk berhub bdan dg suami. -5 Okt 2015 sy cekup lgi(usg dn tes drah) di Spog, hsil dr tes tsb rahim dan prut sya bersih,tdk ada sisa2 dan hanya mengalami drah rndah shgga sy mrsakn pusing,lmes,mual,prut skit. -5 Okt berat bdan sya naik drastis sktar 5kg dri 145 ke 150kg,pdhal sya mkan sdkit. - 10 okt 2015 msh mrskan mual,perut sakit(eneg),pusing. - 11 okt 2015 ada keputihan bening,tdk bau,tdk ptus,lndir dan msh mrskan mual,bag bwah prut tngah skit. - 12 Okt 2015 sya konsultasi ke spog darah mlai normal, msh prut sakit dan mual,brat bdan trun 1kg.  - 12 Okt 2015 d tes ksuburn oleh SpOg,bhwa sya sdang msa sbur. Msih mrskan prut bag bawah skit dn mual mulai brangsur hilang. -12 Okt 2015 doktr spog mnyrnkan utk jaga pola hdup,krena scra tes drah 2x kdar hcg negatif,rhim dn prut brsih dan pasca kuret msh ada rsa traumatik shga msh mrskan prut skit bag bwah.  ingin sy tnykan.: 1. Apkh brat bdan yg sya alami, mual dan sakit prut yg sya alami itu postv hamil? Pdhal psca kuret s/d skg ini sy tdk brhub bdn dg suami dan d tes drah hcg sbyk 2x hsilnya negtiv dn d usg pun brsih kosong. 2. Mengapa di tespek mnjdi 2 garis smar? Pdhal baru slsei mens dn tdk brhub bdan. 3. Apkh bnar kptihan yg sy alami bening,tdk bau,jka dtrik tdk ptus,tdk brwrna ptnda hmil? Atw hnya msa sbur? 4. Apkh ada wanita saat masa sbur tpi hamil? 5. Mngapa sya msh mrskan mual dn skit prut bag bwah? 6. Sy tdk behub bdn dg suami psca kuret dn psca mens,hnya mlyani fourplay sja tdk mmprtmukan penis dg vagina,krena kmi brkomitmen slma msa recovery max 3x mens,kmi td berhub bdan antr pnis dn vgina. 7. Mngapa berat badn sya naik scra drastis slma krun wktu 5hri dri 145kg ke 150kg,lntas dkter spog pun kget dg knaikan scra sgnifikan krna dikira hamil,tetapi dites drah 2x hcg negativ dn usg brsih. Mngapa dmikian? Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kami memahami kekhawatiran Anda saat ini.

1. Keluhan mual dan nyeri perut setelah keguguran memang masih bisa terjadi karena ketidak seimbangan hormon yang masih terjadi pada diri Anda. Jadi bersabar lah. Untuk mengurangi gejala mual Anda bisa menyiasati dengan memakan permen yang bisa mengurangi keluhan mual yang Anda rasakan.

 2. Tes kehamilan atau yang lebih populer dengan sebutan testpack bekerja dengan cara mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Hasil positif telah dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan, dan angka ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Bagaimanapun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan).

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi.Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

  • Hamil kimia: Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.
  • Waktu pemeriksaan : Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama.
  • Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:
       - pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
       - Obat diuretik dan obat anti Parkinson
       - Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
       - Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes 4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan   plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopk) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Hasil positif yang didapat dari hasil tes kehamilan dapat saja merupakan hasil positif palsu ataupun telah terjadi kegagalan dalam proses atau dengan kata lain keguguran.

 3. Mungkin keputihan yang Anda maksud adalah lendir serviks. Lendir serviks adalah petanda yang dapat diandalkan untuk mengetahui ovulasi.  Perubahan lendir serviks ini terjadi sebagai respons apakah anda sedang subur atau tidak selama siklus haid anda.

Perubahan lendir serviks terjadi seiring dengan adanya fluktuasi kadar estrogen dalam tubuh.  Selama siklus haid, lendir serviks pada awalnya akan mengering sebelum menjadi tebal, lalu menipis dan akhirnya tampak encer  sebelum masa paling subur dimana lendir serviks sangat jernih, licin dan dapat meregang.

4. Hamil pasti terjadi pada masa subur.

5. Keluhan yang Anda rasakan itu akan menghilang sendiri setelah 2 minggu sampai 1 bulan pasca kuretase. Tapi setelah waktu tersebut keluhan masih menetap maka konsultasikan diri anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

6. Kehamilan akan terjadi hanya jika terjadi hubungan seksual antara wanita dan pria.

7.  Faktor yang berhubungan dengan kenaikan berat badan yang tidak dapat anda kontrol :

1. Anda sedang depresi
Depresi dapat berkolerasi dengan berat badan. Menurut satu penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa orang yang sedang depresi cenderung akan mengalamikenaikan berat badan yang signifikan. Yang lebih parah adalah orang yang depresi namun tidak berkonsultasi ataupun melaporkan masalahnya ke dokter atau ahlinya. Hal ini bisa berpengaruh pada berat badan mereka yang naik lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang melaporkan masalah depresinya. Orang seperti ini kemungkinan disebabkan karena melarikan masalahnya ke aktivitas makan yang tidak terkontrol seperti makan makanan tinggi lemak, tinggi kalori, ataupun makanan enak lainnya namun tidak sehat. 

2. Efek samping obat-obatan
Ada daftar panjang obat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika anda sedang mengkonsumsi pil KB, penambah hormon, steroid,beta-blocker untuk penyakit jantung dan tekanan darah, obat anti kejang, obat kanker payudara seperti Tamoxifen, obat untuk rheumatoid arthritis, beberapa obat migrain dan nyeri ulu hati, maka bisa jadi itulah penyebab naiknya berat badan anda. 

3. Masalah pencernaan
Masalah pencernaan, termasuk buang air besar yang tidak lancar juga dapat menjelaskan permasalahan berat badan anda yang naik. “Idealnya, Anda makan, dan kemudian, satu jam kemudian, Anda memiliki gerakan usus,” kata Dr Hedaya. Jika anda tidak begitu teratur buang air besar bisa jadi anda kurang serat, dehidrasi, ataupun efek dari obat-obatan yang anda konsumsi. Maka dari itu makanlah makanan yang kaya akan serat dan jaga tubuh anda tetap terhidrasi.

4. Tubuh tidak tercukupi oleh nutrisi tertentu
Kekurangan vitamin D, magnesium, atau zat besi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, melemahkan energi, atau mengubah metabolisme anda dengan cara yang tidak baik. Untuk mencukupi kadar zat besi anda bisa makan daging merah dan bayam, untuk magnesium bisa didapatkan pada kacang almond. Namun untuk vitamin D sebaiknya konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan kadar atau dosis yang tepat karena jika terlalu berlebihan mendapatkan vitamin D akan mempengaruhi kesehatan ginjal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar