Sukses

Kandungan Asam Folat Untuk Mempersiapkan Kehamilan
22 Oct 2015, 10:12 WIB
Wanita, 35 tahun.

Hello Dokter, Saya terakhir haid tanggal 7 Agustus 2015, namun hingga sekarang belum haid juga. Sudah periksa TP negatif, periksa dokterpun belum ada tanda kehamilan, namun disarankan saya jagan minum macem2 (mungkin maksudnya obat penyubur). Kini saya minum prenagen esensis yang untuk persiapan, apakah ini dapat membantu kesuburan saya dengan kandungan nutrisi asam folatnya yang cukup tinggi? Harapan saya kesuburan saya membaik, akhir bulan ini oleh dokter kandungan saya diminta untuk periksa dokter lagi.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui bahwa asam folat diperlukan untuk mempersiapkan kehamilan bukan untuk mempermudah seseorang untuk cepat mempunyai anak, namun memang jika di dalam tubuh kita kekurangan asupan asam folat bisa mempengaruhi pertumbuhan sel. 

Pemberian asam folat sebelum kehamilan terbukti memiliki banyak manfaat bagi bayi maupun ibu hamil. Penggunaan asam folat saat perencanaan kehamilan – setidaknya 3 bulan sebelum terjadinya kehamilan – diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya neural tube defects (NTD)

Wanita pada usia reproduktif dianjurkan mengonsumsi asam folat 400 ug per hari. Setelah hamil maka dosisnya dinaikkan hingga 600-1000 mcg per hari. Asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia megaloblastik. Selain itu asam folat terbukti menurunkan angka kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah, perdarahan selama masa kehamilan, dan angka kematian bayi.

Demikan informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar