Sukses

Nutrisi Protein Untuk Ibu Hamil
23 Oct 2015, 09:10 WIB
Wanita, 27 tahun.

untuk memiliki anak perempuan setelah saya melihat video dari dr.boy abidin.saya sedang hamil anak ke 2 dan menginginkan ank perempuan.karena ank yg pertama laki-laki.salah satu faktor penentu jenis kelamin adalah makan.makanan yg bnyk mengandung protein tinggi..mau tanya..makanan apa saja yg mengandung bnyk protein dan boleh dikonsumi bu hamil .terima kasih.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hami untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika ibu ingin mengkonsumsi protein. Berikut adalah beberapa menu ideal untuk diet tinggi protein yang dibutuhkan:

  • Daging merah

Pilihlah daging merah yang tidak sarat lemak seperti daging has dalam yang memiliki kadar lemak tak jenuh lebih sedikit. Sangat disarankan untuk sebisa mungkin hindari daging olahan.

  • Daging putih

Anda dapat memilih daging ayam atau daging unggas yang memiliki kadar lemak jauh lebih sedikit dibandingkan daging merah. Namun, perlu Anda perhatikan untuk hindarilah untuk mengkonsumsi kulitnya, dimana biasanya di kulit unggas yang gurih dan nikmat justru terdapat sarat akan lemak jenuh.

  • Ikan
    Selain kaya akan protein, ikan memiliki kadar lemak yang rendah. Meskipun ikan salmon dan tuna memiliki kadar lemak yang tinggi, namun lemak yang dimaksud dalam ikan ini memiliki kadar asam lemak omega 3 yang tinggi dan baik bagi jantung.
  • Telur
    Meskipun kaya akan kolesterol, namun konsumsi 1 butir telur per hari masih dianggap aman untuk orang dewasa yang sehat. Anda dapat mengkonsumsi putih telur yang kaya akan protein ketimbang dengan kuning telur yang kaya akan kolesterol.
  • Kedelai
    Tofu, tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Sebagai bonus, dengan konsumsi 25 gram kedelai per hari dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol.
  • Produk susu

Produk susu seperti susu, keju dan yoghurt tidak hanya tinggi protein, tetapi juga kaya akan kalsium yang baik bagi tulang dan jantung. Namun pilihlah selalu produk olahan susu yang rendah lemak agar tidak menambah kalori. Jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar