Sukses

Gejala Kehamilan Trimester Pertama

13 Oct 2015, 16:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Istri saya umur 23th, sudah di testpack positif dan kata bidan umur jabang bayi sudah 6minggu, tp istri saya tidak merasakan mual2 sampe sekarang, pernah keluar bercak hanya sedikit dan warnanya merah gelap.. setelah itu kami testpack lagi hasilnya tetap positif.. terkadang merasa sakit perut.. apakah kendala itu normal? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

TANDA AWAL KEHAMILAN

1. Terlambat Menstruasi

Tanda awal kehamilan yang pertama adalah terlambat datangnya siklus menstruasi bulanan. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang telah menikah atau wanita yang sudah pernah melakukan hubungan suami istri. Anda dapat mencoba dengan melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, untuk mengetahui lebih pasti apakah hamil atau tidak. Waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan adalah pada saat pagi hari bangun tidur.

2. Mudah Lelah dan Mengantuk

Saat memasuki awal kehamilan, calon ibu akan merasa lebih cepat lelah dan akan mengalami perubahan pada pola tidur. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh, sehingga tubuh akan bekerja sangat keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin. Dengan bertambahnya usia janin yang semakin membesar, maka perut ibu akan semakin membesar sehingga membuat ibu menjadi lebuh cepat merasa lelah dan mengantuk.

3. Perubahan Bentuk Tubuh

Bagi wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan pada bentuk tubuh, seperti perubahan pada perut yang semakin membesar, bokong, paha, dada dan lengan juga akan ikut membesar seiring bertambahnya usia janin di dalam perut.

4. Sering Buang Air Kecil

Pada saat memasuki awal kehamilan, ibu akan merasakan frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal tersebut disebaban karena rahim yang semakin membesar, sehingga menekan ke arah kandung kemih. Biasanya air kecil akan berwarna keruh dan kental yang terjadi pada minggu pertama setelah pembuahan.

5. Perubahan Pada Payudara

Merasa nyeri atau kesemutan pada daerah payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan. Anda akan merasakan perubahan pada payudara, seperti payudara terasa penuh, berat, nyeri saat ditekan, warna aerola yang semakain gelap dan payudara akan semakin bengkak dan terasa lebih lembut. Hal ini disebabkan karena payudara akan mengisi dan berubah bentuk untuk mempersiapkan diri menghasilkan ASI.

6. Mual Dengan atau Tanpa Muntah

Tanda awal yang sering terjadi pada awal kehamilan adalah terjadinya rasa mual dengan atau tanpa muntah. Biasanya rasa mual terjadi pada saat janin memasuki sia 4 minggu hingga 8 minggu, atau bisa juga terjadi pada 2 minggu awal kehamilan. Rasa mual ini disebabkan karena perubahan janin yang baru tumbuh sebagai benda asing didalam tubuh dan merupakan reaksi yang terjadi pada tubuh. Dan karena belum adanya keseimbangan hormon pada ibu hamil.

7. Kontraksi Pada Rahim

Pada awal kehamilan istri anda akan merasakan kram pada perut, rasanya sama seperti saat akan mendapatkan menstruasi. Tetapi  tidak perlu merasa khawatir karena itu merupakan tanda awal kehamilan yang biasa terjadi pada seorang ibu.

8. Nafsu Makan Berkurang dan Mengalami Ngidam

Saat memasuki trimester pertama, akan merasakan malas makan sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Tidak hanya itu saja, anda juga akan merasakan mual saat mencium bau yang menyengat, seperti bau amis, bau masakah, dan sebagainya.  Biasanya juga akan merasakan ngidam atau ingin makan sesuatu.

Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi istri Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan istri Anda. Meskipun pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

  • dll

Segera periksakan kehamilan istri Anda ke dokter terdekat, meskipun jika flek-flek darah tersebut sudah berhenti saat ini. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan darah untuk memastikan bahwa istri Anda dan bayi dalam kandungannya dalam kondisi sehat dan menyingkirkan berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perdarahan tersebut. Dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebab timbulnya flek-flek darah pada istri Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar