Sukses

Crown Gigi Lepas

13 Oct 2015, 13:37 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dok, 3 tahun yang lalu saya kehilangan gigi depan (patah) saya karena kecelakaan, saya mengunjungi dokter gigi terdekat untuk pemasangan crown gigi, dimana pada saat ini sisa gigi depan saya yang patah dipasang pen dan crown tersebut di tempelkan ke pen tersebut dengan menggunakan lem, dengan lem tersebut crown tersebut tahan hingga 3 tahun tanpa terlepas sedikitpun, namun beberapa hari yang lalu crown tersebut lepas namun pen masih dalam kondisi terpasang, untuk menyambungnya kembali saya menggunakan polydent tetapi hanya bertahan 12 jam dan lepas kembali setelahnya, pertanyaan saya dok, jenis lem apakah yang digunakan dokter gigi untuk menempelkan crown gigi agar tidak terlepas dan kuat seperti 3 tahun belakangan?. mohon infonya ya dok, dikarenakan crown ini sering sekali terlepas pada saat makan atau sikat gigi, yang saya takutkan crown tersebut jatuh atau tertelan. terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan rasa tidak nyaman yang dialami. Sebelumnya Kami akan membahas sedikit mengenai mahkota tiruan atau crown. Terdapat beberapa keadaan dari gigi yang membutuhkan crown sebagai solusinya, seperti:

- Gigi yang patah lebih dari 1/2 mahkota dan mengekspos rongga pulpa/ kamar syaraf gigi maka perlu dilakukan perawatan saluran akar terlebih dulu. Kemudian dipasang pasak pada saluran akar gigi untuk memperkuat mahkota tiruan/crown yang akan dipasang diatasnya.

- Gigi yang berubah warna dan tidak dapat diatasi dengan bleaching.

- Gigi yang kelainan bentuk, terutama pada gigi depan.

- Gigi dengan karies/lubang yang besar/luas terutama pada gigi depan.

Pada kasus yang Anda alami ini tidak dapat ditangani sendiri dan membutuhkan bantuan dokter gigi diklinik, karena bahan perekat yang digunakan merupakan bahan khusus yang dalam aplikasinya pun tidak sembarangan serta membutuhkan ketepatan dalam pemasangannya. Dalam hal ini Kami menyarankan agar sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi untuk memperbaiki crown yang lepas tersebut.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar