Sukses

Brainwave

23 Oct 2015, 10:48 WIB
Wanita, 33 tahun.

Apakah binaural beat/brainwave yg ditawarkan dlm smartphone app (misalnya I-doser) berbahaya buat otak? kata developernya mendengarkan beat itu dgn earphone bisa membuat seseorang jadi happy dll (tergantung jenis beat yg didownload). Tapi yg sedang marak beredar di WA group justru app tersebut bisa menimbulkan halusinasi pikiran sperti using drugs & bisa menyebabkan kecanduan. Ini hoax atau bukan Dok? Tks

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Secara garis besar ada 6 audio gelombang otak yang di gunakan untuk terapi, yaitu: Audio Gelombang Delta, Theta, Alpha, SMR, Beta, dan Gamma memang sudah lama dikenal dalam dunia kedokteran, seperti dalam terapi psikologis misalnya pada gangguan tidur.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing gelombang otak;

  1. Gelombang Delta. Delta untuk menjaga kesehatan dan meditasi. Stimulasi gelombang delta bisa sangat hypnotic, stimulasi ini sangat ampuh untuk mengkondisikan diri seseorang pada kondisi terhipnotis, dan juga dapat memiliki efek menenangkan pada sistem limbic, yaitu bagian tengah otak yang berfungsi untuk mengatur emosi, tekanan darah, ketegangan, dan banyak lagi. Untuk alasan ini, sesi delta sangat efektif  membantu mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi) dan sakit kronis. Banyak orang juga menemukan keberhasilan menggunakan Delta sebagai bantuan dalam memasuki kondisi meditasi dan mengatasi gangguan tidur.

  2. Gelombang Alpha. Gelombang Alpha berfungsi untuk memasuki kondisi rileks, merasakan kedamaian dan kebebasan, juga istirahat, yaitu mengkondisikan otak pada frekwensi 10 Hz.

  3. Gelombang Theta. Pada sebagian orang lebih cocok dengan gelombang Theta untuk memasuki kondisi rileks. Pada saat Anda dalam sesi ini, Anda di arahkan pada Gelombang Theta yang berfrekwensi 6,5 Hz (Mid-Theta). Dalam sesi ini Anda masih tetap terjaga penuh, karena masih dalam  Medium Theta. Kedua gelombang Alpha dan Theta sangat bagus untuk membawa klien masuk kondisi trans ketika proses hipnoterapi.

  4. Schumann Resonance. Frekwensi ini sangat bagus untuk mengatasi masalah tidur yang disebabkan oleh overactive/terlalu aktif atau banyak urusan. Schumann Resonance dihasilkan oleh getaran alam semesta. Frekuensi gelombang ini adalah 7,83 hertz. Manusia yang mampu menghasilkan gelombang ini konon mempunyai kemampuan supranatural, seperti Extrasensory Perception (ESP), telepati, Clairvoyance (bentuk dari ESP), dan kemampuan supranatural lainnya. Salah satu contoh manusia yang otaknya mampu menghasilkan gelombang ini adalah anak indigo (anak yang menunjukkan perilaku lebih dewasa dibandingkan usianya dan memiliki kemampuan intuisi yang sangat tinggi).

  5. Gelombang SMR. Gelombang SMR (Sensory Motor Rhithm) berguna untuk fokus/konsentrasi, tetap santai ketika berfikir, membaca atau melakukan hobi. Pada sebagian orang SMR juga membantu mengatasi kecemasan, stres, atau insomnia.

  6. Gelombang Beta. Modulasi pada sesi ini mencakup seluruh rentang Beta, yaitu Low Beta, Medium Beta, dan Hight Beta. Gelombang Beta sangat baik untuk meningkatkan kwalitas kerja dan aktivitas, menambah gairah, dan energi.

  7. Gelombang Gamma. Dalam sesi ini, di mulai dari Hight Beta, dan secara berlahan gelombang terus naik ke Gamma, meniru prosedur yang digunakan dalam sejumlah studi. Dalam Penelitian, Gamma berguna untuk motifasi, dan sangat di gunakan untuk aktivitas yang perlu pemikiran atau tenaga ekstra, dan juga berguna untuk keterampilan non-verbal (komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi non-verbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata).

Jika yang ditwarkan pad smartphone aplikasi belum ada penelitian yang pasti. Namun, brainwave ini bisa bermanfaat jika dilakukan dengan tenaga ahli.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar