Sukses

Nyeri Perut Kanan Bawah Saat Jongkok

13 Oct 2015, 13:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

dokter saya ingin bertanya kenapa ya ketika saya habis jongkok terus berdiri perut bagian bawah saya sakit ,dan bulan ini saya belum haid ... dan saya sudah menikah kenapa ya dok ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com. 

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Bagaimanakah gambaran nyeri yang Anda rasakan? Apakah seperti ditusuk-tusuk/ditekan benda berat/seperti terbakar?
  2. Apakah Anda merasa nyeri saat perut bawah Anda tertekan?
  3. Apakah terdapat keluhan demam?
  4. Apakah terdapat keluhan mual/muntah?
  5. Apakah terdapat gangguan buang air besar?
  6. Apakah Anda memiliki kebiasaan untuk jajan di luar?
  7. Apakah terdapat penurunan berat badan?
  8. Apakah yang Anda lakukan untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan?
  9. Apakah nyeri menghilang/terasa lega setelah buang air besar? dsb

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas dan masih terlalu cepat untuk memutuskan diagnosis penyakit Anda. Yang dapat kami katakan saat ini adalah adanya kemungkinan appendisitis kronis/radang usus buntu kronis sebagai penyebab dari keluhan nyeri perut yang Anda alami selama ini.

Usus buntu atau disebut apendisitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. Gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam, mencret, atau konstipasi.

Untuk menegakkan diagnosis usus buntu diperlukan wawancara medis pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksan darah, USG perut, atau CT scan perut. Pemeriksaan kolonoskopi tidak dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis usus buntu.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter umum atau dokter spesialis bedah untuk memastikan kebenaran dugaan tersebut, sehingga dapat segera dilakukan tatalaksana yang optimal. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar