Sukses

Merapikan Gigi yang Renggang karena Frenulum Abnormal

13 Oct 2015, 10:53 WIB
Wanita, 0 tahun.

dok , saya mempunyai masalah susunan gigi . gigi saya renggang depan cukup lebar (diastema) mungkin karena frelunum daya terlalu rendah . semakin lama jarak gigi semakin jauh . menurut dokter saya harus melakukan perawatan apa agar gigi rapat karena daya kurang PD . tanpa pemotongan frelunum apakah bisa rapat . TERIMAKASIH

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Frenulum merupakan jaringan pada rongga mulut berupa jaringan ikat yang mengandung serat kolagen dengan ukuran yang berbeda-beda serta terepitalisasi dan tervaskularisasi. Beberapa ahli menyatakan bahwa terdapat kaitan antara sentral diastema dengan perlekatan frenulum yang abnormal, ada beberapa tipe perlekatan freneulum yang abnormal tersebut seperti perlekatan rendah tipis atau perlekatan yang rendah dan tebal. Terjadinya sentral diastema ini berkaitan dengan faktor keturunan atau genetik yang bisa diturunkan pada anak laki-laki atau perempuan.

Contoh pada kasus dengan perlekatan frenulum yang rendah dan tebal akan dilakukan tindakan frenektomi. Frenektomi adalah suatu tindakan medis yang bertujuan untuk membuang frenulum dan perlekatan dengan tulang dibawahnya. Dengan dilakukannya frenektomi maka akan mengurangi besarnya resiko terjadi relaps atau keadaan kembali seperti semula setelah perawatan ortodonti/kawat gigi dilakukan. Pada saat perawatan ortodonti selesai maka pasien dianjurkan untuk menggunakan retainer jenis fixed permanent retainer agar dapat menjaga stabilitas dari hasil perawatan yang sudah dilakukan.

Guna memastikan perawatan yang tepat bagi kasus Anda maka selain dibutuhkan pemeriksaan secara langsung juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang lainnya yang akan dilakukan setelah Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter gigi. Konsultasikanlah masalah Anda dengan dokter gigi spesialis ortodonti.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar