Sukses

Muncul Kemerahan Pasca Demam Ringan

20 Oct 2015, 14:13 WIB
Wanita, 31 tahun.

Mhn penjelasan dari Dokter, 2 minggu yg lalu sempat demam ringan 2 malam, mual dan pusing. 1 minggu berikutnya pd hr selasa pagi tgl 6 tangan dan kaki tiba2 muncul bintik2 merah rata, tp badan dan muka tidak, 2 hari kemudian saya merasa nyeri pada otot, jari tangan bengkak dan otot kaki sangat sakit. di bagian belakang leher saya ada kelenjar tiba2 ukurannya kecil. Hari sabtu malamnya saya tes darah dengan hasil Hb 11.8 dan Leukosit 4300, trombosit saya 260 saya melakukan tes darah widal, Cikungunya dan DB resultnya negative. Apakah yg saya alami ini termasuk cacar german? atau gejala DB, Tyfus? Saat ini saya minum multivitamin serta pereda nyeri otot atas anjuran dari dokter Mohon petunjuknya tindakan apa yg harus saya lakukan? Hari ini, 12 Okt saya di jadwalkan untuk melanjutkan cek darah lg

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya kami membutuhkan lebih banyak data lagi untuk dapat memperkirakan penyakit yang sedang Anda alami. Melihat gejala demam yang mendahului serta kemerahan (rash) yang muncul belakangan, disertai pula gejala pembesaran kelenjar getah bening dibelakang kepala, gejala-gejala tersebut cukup mendukung ke arah penyakit rubella. Apakah pada saat demam (sebelum kemerahan muncul) juga disertai gejala mata merah, mata nyeri, nyeri menelan, sakit otot seluruh tubuh, tidak nafsu makan, serta pembesaran kelenjar tersebut terasa nyeri? Bila Ya, maka ada kemungkinan yang Anda alami adalah rubella. Untuk memastikannya, kemerahan yang muncul tersebut harus diperiksa secara langsung, dan disertai pemeriksaan darah untuk rubella.

Meskipun begitu, gejala penyembuhan demam berdarah memang seringkali diakhiri dengan kemerahan (disebut rash convalescence). Cara menentukannya adalah dengan melihat langsung gambaran kemerahan.

Dari gejala yang muncul memang mengarah pada penyakt akibat virus. Meningkatkan daya tahan tubuh memang penting, dan benar sekali langkah yang telah diambil yaitu minum multivitamin serta obat simtomatik pereda otot. 

Untuk mengatasi infeksi virus, hal yang utama harus Anda lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

  • Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral  (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup.

  • Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

  • Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, sangat baik sekali untuk kembali melakukan pemeriksaan darah untuk melihat perkembangan penyakit.  

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar