Sukses

Haid Berkepanjangan

20 Oct 2015, 13:11 WIB
Wanita, 35 tahun.

ini sudah ke 4x-nya saya mengalami haid yg berlebihan/bleeding. maret tahun lalu saya haid hingga hampir 2 bulan tidak berhenti hingga akhirnya di kuret karena kata dokter yang menangani saat itu ada penebalan di dinding rahim. saya mengalami hal ini mulai 2 tahun terakhir ini, sebelumnya haid saya normal dan lancar tanpa telat. haid sekitar 3-6 hari setelah itu beres. yang kali ini saya mulai haid dari tanggal 25 sept'15-12 sept'15. saya bingung harus gimana karena klo kedokter palingan di kasih obat untuk menghentikan haidnya saja tapi tidak pernah dijelaskan KARENA APAnya bisa sampai seperti ini sehingga saya bisa jaga next tidak terulang lagi. karena klo hanya di kasih obat untuk memberhentikan haidnya lalu bulan depan saya tidak haid lagi lalu periksa lagi dan diberikan obat hormon agar haid lagi dan berulang spt itu. tolong bantu saya dengan diberikan penjelasan yang bisa saya mengerti sehingga hal spt ini saya bisa cegah di kemudian hari. apalagi kondisi saya saat ini sedang batuk dan tiap kali batuk terasa sekali gumpalan2 darahnya keluar dan saya harus bolak-balik ke toilet untuk bersih2. thanks sebelumnya dok, untuk perhatiannya. Gbu

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya, sulit bagi kami untuk menentukan secara pasti apa penyebab haid berkepanjangan yang Anda alami, sebab penyebab haid memanjang dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  1. Penggunaan kontrasepsi oral
  2. Ketidakseimbangan hormon
  3. Infeksi pada alat kelamin
  4. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 
  5. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  6. Kanker serviks 
  7. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  8. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
  9. Hiperplasia endometrial
  10. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)
  11. Efek implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim

Adapun untuk menentukan penyebab di atas harus dilakukan dengan wawancara dan pemeriksaan fisik yang lengkap, dibantu oleh alat ultrasonografi. Sudahkah Anda memeriksakan darah untuk mengetahui kadar hormon dalam tubuh? Bila yang terjadi adalah ketidakseimbangan hormon maka mungkin saja pengobatan dengan obat-obatan tidak terhindarkan. Perlu diketahui secara pasti terlebih dahulu penyebab kondisi yang Anda alami. Kami sarankan untuk Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan jangan ragu untuk bertanya lengkap mengenai hasil pemeriksaan, penyebab, dan bagaimana untuk mencegah agar tidak terjadi kembali. 

Kondisi keluarnya darah menstruasi berlebihan berkaitan dengan penyakit anemia akibat banyaknya kehilangan darah. Anemia dapat menyebabkan gejala lemas, lelah, tidak bertenaga, pucat, dll. Sebaiknya untuk mencegah terjadinya anemia, kondisi tersebut cepat ditangani.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar