Sukses

Denyut Nadi Bergerak Cepat

20 Oct 2015, 12:15 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, saya mau menanyakan, saya mengalami seperti nadi atau otot yang ada di belakang kepala saya bergerak cepat, juga pada bagian punggung belakang, sudah saya periksakan ke dokter untuk tekanan darah dan denyut jantung saya normal, kira2 apa penyebab gerak pada belakang saya ini dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kemungkinan besar yang Anda rasakan adalah denyut nadi. Denyut nadi secara tidak langsung merepresentasikan detak jantung, oleh sebab itu dapat dirasakan sebagai "gerak". Terutama pada pembuluh darah arteri yang besar, denyut tersebut dapat dirasakan. Denyut nadi merupakan salah satu tanda vital untuk menilai kondisi seseorang secara umum atau menentukan keadaan umum orang tersebut baik-baik saja atau sedang terjadi gangguan.

Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Apakah hilang timbul atau selalu dirasakan? Adapun penyakit yang berkaitan dengan denyut nadi yang terasa begitu kencang adalah penyakit yang disebut aneurisma. Aneurisma adalah pelebaran atau menggelembungnya dinding pembuluh darah,yang didasarkan atas hilangnya dua lapisan dinding pembuluh darah yang bersangkutan. sehingga terbentuk malformasi/kelainan pembuluh darah menyerupai tonjolan/ balon. Dinding pembuluh darah pada aneurisma ini biasanya menjadi lebih tipis dan mudah pecah. Sebenarnya aneurisma dapat terjadi di pembuluh darah mana saja di tubuh kita. Adapun aneurisma dapat pecah dan kondisi ini dapat menyebabkan gangguan organ. Untuk mengetahui ada/ tidaknya aneurisma maka pemeriksaannya harus lebih tinggi, seperti USG, CT scan, MRI, hingga angiografi. Pemeriksaan ini hanya dapat dilakukan di dokter spesialis.

Namun masih mungkin denyut nadi yang terasa berlebihan tersebut muncul akibat penyakit lain, misalnya hanya akibat psikologis (merasakan sesuatu secara berlebihan), padahal tidak terdapat gangguan penyakit. Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk menentukan apakah kondisi yang mendasari gejala yang Anda rasakan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar