Sukses

Sakit Kepala Sebelah

08 Nov 2015, 19:45 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya mengalami sakit kepala sebelah kiri yang di mulai dari mata sampai ke leher..ini sudah saya alami sekitar 2 mingguan belakangan sakitnya sering sekali terasa.. kira2 kenapa ya dok??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Secara umum sakit kepala dapat dijabarkan menjadi

  • Migrain ; Migrain adalah sakit kepala yang bersifat berdenyut dan dirasakan sering pada salah satu bagian kepala. Nyeri kepala dapat menjalar hingga mata dan bagian belakang kepala.

  • Tension Type Headache : Nyeri ini bersifat seperti pegal dan terasa seperti tertimpa beban berat. Biasanya dirasakan sangat pada bagian tengkuk leher bagian belakang dan kepala bagian belakang

  • Thunderclap Headache : Nyeri ini bersifat sangat nyeri dan dirasakan pada saat mendadak dan bertahan.

Menurut apa yang anda sampaikan, keluhan yang Anda rasakan mendekati ciri migraine. Keluhan migraine selain sakit kepala dapat berupa muntah, tidak tahan jika melihat kondisi silau, dan gangguan penglihatan. Apabila gejala tersebut muncul beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migraine mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migraine yang disertai dengan aura. Migraine yang disertai munculnya aura dinamakan migraine klasik.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju, red wine)

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan Cina dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol (red wine)

  6. Minuman yang mengandung kafein (softdrink, teh, kopi)

Ada beberapa cara alami yang anda dapat coba untuk melawan migraine, yaitu :

  1. Konsumsi vitamin - cobalah untuk konsumsi vitamin yang mengandung B2 (riboflavin) dan magnesium – beberapa data menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat mengurangi nyeri kepala.

  2. Aromaterapi - terbutki dapat mengurangi ketegangan dari otot dan relaksasi dari tubuh

  3. Tidur yang cukup - Mayo Clinic menyebutkan bahwa migraine dipicu olehkurang tidur, cobalah untuk tidur cukup setiap harinya

  4. Terapi panas - Coba untuk mandi dengan air panas, sebab air panas dapat memicu relaksasi dari otot-otot di badan

  5. Pola Makan - pola makan ternyata berpengaruh terhadap migraine, cobalah untuk makan secara teratur dan coba hindari makanan-makanan yang disebutkan dapt memicu migraine, seperti coklat, cafein, dan keju.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit syaraf sehingga dapat diketahui penyebab dan dapat ditentukan terapi yang tepat sehingga terdapat hasil kesembuhan yang maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.


Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar