Sukses

Nyeri Kepala Pasca Kecelakaan

15 Oct 2015, 10:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat malam dokter .... saya pernah mengalami kecelakaan di usia 7th,saat itu kepala belakang saya terkena benturan,sesaat saya tidak sadarkan diri,ketika mata saya mulai terbuka saya liat baju saya sudah berlumuran darah yang keluar dari hidung.setelah remaja hingga saat ini saya sering merasakan sakit kepala,dan bila di biarkan tanpa minum obat pereda nyeri,sakit kepala itu semakin hebat disertai mual dan muntah,saya juga sering mengalami pusing dan kehilangan keseimbangan tubuh.ketika usia saya 17thn saya sempat mengalami hal itu hingga saya terjatuh dan pingsan untuk sesaat.yang mau saya tanyakan apakah penyakit yang sering saya alami itu ada kaitannya dengan kecelakaan tersebut? mohon bantuan untuk informasinya. terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan, mual/muntah? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Sebelumnya, izinkan kami memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor yang mengatur keseimbangan pada tubuh manusia:

  1. Organ penglihatan (mata).

  2. Organ keseimbangan (di otak dan di telinga)

  3. Propriosepsi (otot dan saraf)

Bila terdapat gangguan pada salah satu sistem tersebut, maka keseimbangan seseorang akan terganggu. Misalnya bila kita harus berdiri satu kaki dalam keadaan mata tertutup, maka akan lebih sulit dibandingkan saat kedua mata terbuka. Bila organ pengatur keseimbangan di telinga terganggu, akan muncul keluhan seperti vertigo (pusing berputar). Bila organ pengatur keseimbangan di otak kecil terganggu, maka seseorang akan menderita penyakit yang disebut ataxia (mudah jatuh, mudah oleng, pusing, jalan perlu berpengangan). Terakhir, propriosepsi adalah sistem yang sangat berperan. Misalnya saat kita berjalan di permukaan yang tidak rata maka otot dan saraf bagian kaki akan merasakan hal tersebut dan memberikan sinyal untuk mengganti titik tumpu tubuh agar tubuh tidak terjatuh di permukaan yang tidak rata tersebut.

Dalam kondisi kecelakaan, terutama yang menyebabkan benturan bagian otak (terutama bagian pinggir kepala yang menyebabkan benturan di daerah telinga, atau kepala bagian belakang), mungkin sekali menyebabkan gangguan organ keseimbangan ini akhirnya sering timbul gejala pusing dan hilang keseimbangan.

Apakah terdapat gejala mual dan muntah yang berat, rasa melihat dunia berputar? Bila Ya, kemungkinan kecelakaan yang terjadi menyebabkan Anda mengalami vertigo. Hal ini didukung dengan benturan yang terjadi di belakang kepala.

Untuk mengetahui area otak mana yangmengalami gangguan akibat kecelakaan, dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam dengan pemeriksaan penunjang bahkan hingga CT scan kepala. Bila keluhan sangat mengganggu kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar