Sukses

Saluran Air Mata Tersumbat

15 Oct 2015, 13:39 WIB
Pria, 27 tahun.

hallo dok, saya mau bertanya mengenai anak saya. anak saya laki2 berumur 1 tahun 8 bulan dan 8 hari. sejak dari lahir mata kanan anak saya berair terus, pada umur 2 bulan pernah periksa ke dokter mata dan disuruh operasi karena saluran air mata nya tersumbat. tapi tidak saya approve untuk operasi karena masih terlalu kecil dan saya takut karena berhubungan dengan mata. adakah solusi lain selain operasi mata dok?dan sebenarnya apa nama penyakit mata anak saya? terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

 

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Pada mata, terdapat sistem aliran air mata dimana air mata yang dihasilkan akan membasahi bola mata saat tersapu oleh kelopak mata (gerakan mengedipkan kelopak mata) dan ditampung pada kantong air mata (saccus lacrimalis), kemudian akan dialirkan ke hidung melalui saluran yang disebut ductus nasolacrimalis.

Apabila terjadi sumbatan (akibat alergi, atau sumbatan sejak lahir), aliran air mata menjadi terganggu, menyebabkan mata terus berair, dan jika berlanjut dapat menyebabkan infeksi (dacriosistitis). Adapun sumbatan ini disebut sebagai obstruksi duktus nasolakrimalis, dan hal ini memang cukup sering ditemukan pada anak baru lahir.

Sayangnya kami tidak dapat menentukan penyebab sumbatan tersebut hanya dengan data singkat yang Anda sebutkan, selain itu pemeriksaan fisik secara langsung terhadap anak Anda sangat dibutuhkan untuk menentukan dengan tepat apa yang sedang terjadi. Bila memang terjadi sumbatan kongenital (sejak lahir), maka memang tentunya dibutuhkan pembedahan. Kami memahami bila Anda merasa khawatir, namun dokter spesialis mata adalah dokter yang berkompeten dan mampu melakukan hal tersebut. Pembedahan memang dibutuhkan untuk mencegah kejadian infeksi yang sering sekali mengikuti kondisi pengeluaran air mata yang berlebihan akibat sumbatan saluran air mata ini. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi kembali dokter spesialis mata, dan mendiskusikan penanganan dengan jelas dan mendetail. Kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya dari dokter spesialis mata yang Anda datangi agar Anda memahami kepentingan dari penanganan dan mengetahui tingkat keberhasilan operasi tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar