Sukses

Janin Belum Terlihat
15 Oct 2015, 15:11 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok. Saya mo tanya kemarin saya tes peck hasil y positif tapi pas saya priksa ke bidan dan USG kantong rahim saya ada tpi janin y belum kelihatan dan waktu bulan agustus saya haid 2 kali pertama tgl-2-7-2015 dan terakhir haid saya tgl-28-7-2015 sampe sekarang belum haid lagi dan tes peck positif. Pertanyaan saya apa benar saya hamil dok. Tapi ko di USG belum k elihatan ada janin?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apabila Ibu melakukan tes kehamilan dan hasilnya positif, maka akan sangat besar kemungkinannya untuk positif. Tes ini mendeteksi adanya hCG, hormon yang meningkat pada saat kehamilan. Coba lakukan pemeriksaan test pack ulang atau dapat disertai juga pemeriksaan darah untuk menditeksi adanya kandungan hCG di tubuh. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • ·         sering berkemih
  • ·         pembesaran dan nyeri payudara
  • ·         mual
  • ·         perasaan lelah
  • ·         daerah sekitar puting susu menghitam
  • ·         peningkatan suhu tubuh
  • ·         flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
  • ·         dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •    terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •    terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •   terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

 

Trimester pertama atau perkembangan kehamilan dari minggu 1-13 dinamakan dengan masa organogenesis atau masa pembentukan organ. Pada minggu-minggu ini janin sedang menyempurnakan organnya namun memang masih sangat kecil untuk terlihat.

Pada usia kehamilan 9 minggu, janin baru memiliki berat 2 gram dengan panjang 30 mm yang tentu saja masih terlalu kecil untuk dilihat bahkan dengan alat USG sekalipun. Pada usia kehamilan 11 mingu dimana janin sudah memiliki berat 8 gram dan panjang 6 cm, umumnya memang sudah dapat dilihat. Namun seandainya belum pun, USG ideal dipastikan pada usia kehamilan 14 minggu dimana janin umumnya memang dapat terlihat dengan jelas melalui USG karena perkembangannya yang sudah cukup besar.

Apabila pada suatu kondisi janin belum terlihat pada USG biasanya (misalnya oleh lemak tebal di perut), Dapat dilakukan USG Transvaginal, dimana alat USG dimasukkan lewat vagina agar kondisi rahim terlihat jelas.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai tumbuh kembang janin di dalam kandungan selama minggu 1-40 beserta dengan tipsnya melalui fitur kami di bawah ini :

Kalender Kehamilan

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar