Sukses

Mengatasi Bibir Kering

09 Oct 2015, 11:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat siang dok, saya mau tanya cara yg tepat atau obat yg bagus bwt menyembuhkan bibir kering pecah2, saya udh coba brbagai cara dr yg alami smpe yg medis tp gak mempan jga dok, kyak permanen gtu pecah2 nya atau ini bs jd gejala pnyakit lain dok, mhon pnjelasan nya terima kasih dok. salama menuju Indonesia sehat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Berikut ini adalah cara untuk mencegah dan mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah:     

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Salah satu pemicu lain yang dapat menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah adalah kurangnya nutrisi vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial yang kurang. Untuk itu, mencukupkan kebutuhan nutrisi adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Memenuhi kebutuhan nutrisi ini bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berikut atau dengan mengkonsumsi suplemen mutivitamin/mineral. Namun ingat, sebelum melakukannya ada baiknya, jika terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

2. Hindari Kebiasaan Menjilati Bibir

Kebanyakan orang melakukan cara yang keliru dengan membasahi bibir mereka dengan air liur saat bibirnya terasa kering, hal ini mungkin sebagai naluri. Namun tahukah anda, air liur atau saliva akan menguap dengan cepat yang justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada kondisi sebelumnya dan malah akan dapat memperparah bibir yang menjadi pecah-pecah.

3. Pastikan Tubuh Tidak Mengalami Kekurangan Cairan

Kondisi dehidrasi atau kurang cairan adalah salah satu penyebab timbulnya bibir kering, oleh karenanya, pastikan jika tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dengan memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, maka teraturlah minum air. Terlebih lagi jika anda sering berkeringat atau ketika cuaca panas.

4. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Selain menjadi kebiasan buruk, menggiti bibir nyatanya memberikan dampak negatif pada bibir diantaranya dapat menyebabkan trauma pada bibir dan merusak lapisan pelindung bibir, akibatnya mampu membuat bibir menjadi pecah-pecah dan terluka.

5. Jangan Bernafas Lewat Mulut Terlalu Sering

Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, dan parahnya lagi kondisi ini mampu membuat bibir menjadi pecah-pecah yang menimbulkan celah merah. Untuk itu, sebisa mungkin bernafaslah melalui hidung.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan vitamin mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membuat bibir menjadi sehat dari dalam. Untuk itu, sebisa mungkin konsumsilah sayur dan buah dengan menyertakan menu ini pada makanan konsumsi sehari-hari.

7. Hati-Hati Memilih Lipstik

Penggunaan kosmetik bibir seperti lipstik sebaiknya anda awasi. Beberapa wanita memiliki bibir yang lebih sensitif. Terkadang pemilihan lipstik yang tidak cocok akan berakibat pada terjadinya keluhan dibibir, salah satunya adalah bibir kering dan mudah pecah-pecah. Untuk itu, sebaiknya pastikan jika anda memakai lipstik atau produk kosmetik yang telah memiliki izin terdaftar. Jika bibir terasa panas dan perih saat menggunakan lipstik sebaiknya hapus dan hentikan penggunaan.

8. Gunakan Lip Balm

Salah satu alternatif cara melindungi bibir dari cuaca yang panas, adalah dengan mengoleskan lip balm. Selain dapat mencegah, penggunaan lip balm juga mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

9. Gunakan Madu

Cara alami untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah adalah dengan mengaplikasikan madu sebagai pelembab alami bibir. Selain itu sifat antibakteri yang dimiliki oleh madu mampu menghilangakn kuman dan bakteri penyebab keluhan dibibir. Agar proses pemulihannya lebih cepat, teraturlah mengoleskan madu pada bibir sehari 3 kali.

10. Konsumsi Sayuran Hijau, Aneka Biji-Bijian, Tomat dan Wortel

Kandungan Vitamin A dalam sayuran terutama wortel akan membantu proses pemulihan kulit yang rusak akibat bibir kering dan pecah-pecah.

Itulah dia beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi bibir pecah-pecah. Bibir yang sehat, lembut dan merah merona adalah dambaan bagi siapa saja. Untuk itu mencegah dan mengatasi keluhan pada bibir adalah cara yang penting anda lakukan. Namun jika segala cara telah dilakukan dan bibir tak kunjung sembuh ada baiknya segera dapatkan perhatian medis dari dokter agar keluhannya bisa segera diatasi. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar