Sukses

Perut Belum Membesar Di Usia Kehamilan 14 Minggu Dan Gejala TORCH
09 Oct 2015, 11:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dom saya mau bertanya. Saya sedang hamil 14 minggu. Tapi kok perut saya belum terlalu membesar yaaa. Apa kandungan saya baik2 sajaa doK? Saya pernah mengkonsumsi sate dan kebab dok saat hamil. apakah berpengaruh dok? Saya sangat takut dengan toxoplasmosis. Dan sebenarnya apa gejala yg ditimbulkan jika terkena parasit itu?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.   

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatannya sekaligus menjaga kesehatan janinnya. Selain itu juga penting untuk rutin memeriksakan diri dan kehamilan ke dokter untuk mengetahui perkembangan kehamilan. Pertumbuhan janin dapat ditandai dengan pertambahan besar rahim, yang dapat diukur pada perut wanita hamil. Hal ini disebut dengan pengukuran fundus uteri atau puncak rahim. Pada usia kehamilan 12-16 minggu, tinggi fundus uteri atau pembesaran rahim ini telah dapat diukur di antara pusar dan kemaluan wanita. Mengenai ukuran perut  tiap wanita hamil dapat berbeda. Namun yang terpenting adalah apakah Anda rutin memeriksakan diri ke dokter? Selagi kondisi dan tumbuh kembang janin dalam rahim baik dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu terpenuhi maka Anda tidak perlu khawatir.

Jadi kami sarankan agar Anda rutin memeriksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Pemeriksaan kehamilan dijadwalkan untuk dilakukan sebanyak 12-13 kali, paling tidak minimal 4 kali pemeriksaan bila kehamilan tanpa masalah. Satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan 2 kali pada trimester ketiga.

Infeksi TORCH (toksoplasma, rubela, cytomegalovirus/CMV dan herpes simplex) adalah  sekelompok infeksi yang dapat ditularkan dari wanita hamil kepada bayinya. Ibu hamil yang terinfeksi TORCH berisiko tinggi menularkan kepada janinnya yang bisa menyebabkan cacat bawaan.

Beberapa kecacatan janin yang bisa timbul akibat TORCH yang menyerang wanita hamil antara lain kelainan pada saraf, mata, kelainan pada otak, paru-paru, mata, telinga, terganggunya fungsi motorik, hidrosepalus, dan lain sebagainya.

Infeksi Toksoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Toxoplasma gondii dapat menginfeksi sebagian besar mamalia termasuk manusia. Parasit ini ditularkan melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah atau melalui kontak dengan kotoran hewan (kucing, anjing, kambing, domba, babi, dan lain-lain) yang terinfeksi.

Sebagian besar kasus infeksi toksoplasmosis tidak menunjukkan gejala klinik. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah seorang ibu terinfeksi atau tidak adalah dengan pemeriksaan serum darah yang akan menunjukkan ada tidaknya parasit Toxoplasma gondii. Sebenarnya toxoplasma bukanlah penyakit menular kepada pasangan, tetapi menular pada keturunan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar