Sukses

Tanda Kehamilan
09 Oct 2015, 11:59 WIB
Wanita, 30 tahun.

Pagi..... Saya saat ini sedang hamil anak kedua dengan usia kandungan sekitar 4 minggu. Awalnya ga percaya jika memang benar hamil, karena gejala badan sudah menunjukkan akan dapat mens bulanan : payudara sakit, seluruh badan pegal2, terutama pinggang. Setelah tes peck benar garis 2, walaupun garis yg kedua kurang jelas. Mengapa gejala payudara sakit dan badan pegal2 masih ada ya Dokter? Kemarin malam kami usg, tapi belum kelihatan janin nya. tapi kata Dokter nya, kantung rahim sudah membesar. Apakah saya benar sedang hamil ya? dan kenapa payudara msh sakit n badan msh pegal2 ya? Mohon penjelasan dan sarannya ya Dokter. Thanks Rani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

·         sering berkemih

·         pembesaran dan nyeri payudara

·         mual

·         perasaan lelah

·         daerah sekitar puting susu menghitam

·         peningkatan suhu tubuh

·         flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

·         dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

·         terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

·         terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

·         terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

 

Keluhan yang Anda alami merupakan tanda kehamilan tidak pasti. Jika dokter Anda telah melakukan pemeriksaan USG abdomen dan telah ditemukan adanya kantung janin, maka kemungkinan Anda hamil. Kantung janin akan terlihat semakin besar seiring dengan pertambahan usia kehamilan. 

Yang perlu Anda lakukan adalah rutin melakukan pemeriksaan Antenatal care agar Anda dan janin dapat tetap dipantau kesehatannya. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar