Sukses

Perawatan Gigi dengan Arsen

10 Oct 2015, 17:38 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat pagi dok, saya siska, sekitar 2 minggu yang lalu saya periksa gigi saya yang berlubang, dokter gigi tsb memberikan saya arsen karena beliau bilang gigi saya berlubang besar, dan tiba2 arsen lepas selama 3 hari. kemudian saya periksa di dokter lain dokter tsb kaget melihat surat rujukan kalau gigi saya diberi arsen, selanjutnya dokter saya yg baru memberikan obat utk perawatan akar, selama 3 hari gigi saya yang berlubang baik2 saya, namun, tiba2 gigi saya sakit ngilu sekali, saya periksa lagi ke dokter, kata beliau ngilu ini efek dari arsen yang telah men-non-vitalkan gigi saya. saya mau tnya, gigi saya sdh terlanjur terkena arsen, dan dari yg saya baca kalau efek arsen sangat merugikan bagi penggunanya, menurut dokter, apa yang harus saya lakukan sekarang. sebelumnya gigi saya hanya berlubang, tanpa ada ngilu, maupun radang pada gusi. terima kasih, mohon penjelasannya.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Arsen memang merupakan salah satu jenis material yang terdapat pada pasta yang digunakan untuk menonvitalkan gigi sebagai bagian dari proses perawatan endodontik gigi. Berdasarkan beberapa literatur memang penggunaan pasta devital yang mengandung arsen sudah tidak disarankan karena mengingat toksisitas yang bisa ditimbulkan bagi jaringan sekitar. Penggunaan pasta dengan kandungan arsen membutuhkan kecermatan dan perhatian khusus agar dapat terhindar dari efek negatifnya. 

Dalam hal ini Kami menyarankan agar Anda tetap melanjutkan perawatan gigi Anda dan mentaati saran dokter yang merawat Anda. Perlu Anda ketahui bahwa perawatan endodontik membutuhkan beberapa kali kunjungan hingga selesai, dan dibutuhka kerjasama yang baik antara dokter gigi dan pasien agar hasil akhir yang diharapkan berupa kesembuhan dapat dicapai.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar