Sukses

Gatal Di Penis

07 Oct 2015, 09:50 WIB
Wanita, 0 tahun.

dok pada ujung kulup penis saya mengalami gatal2 perih dan merah. itu kenapa ya dok? dan obat untuk menghilangkannya apa? terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda

Keluhan-keluhan yang anda rasakan, yaitu gatal dan nyeri pada kepala penis dapat terjadi akibat adanya proses peradangan pada kepala penis Anda. Dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Balanopostitis. Peradangan ini memang biasa terjadi pada laki-laki yang belum disunat dan biasanya dapat terjadi akibat higiene yang buruk pada daerah di bawah kulit yang tidak disunat. Higiene yang buruk dapat memicu timbulnya infeksi jamur ataupun bakteri di bawah kulit yang tidak disunat. Penderita balanopostitis akan mengeluhkan penis yang terasa gatal, merah, bengkak, dan nyeri.

Pada kasus yang ringan dan bukan disebabkan oleh infeksi memang keluhan penyakit ini dapat menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus yang lebih berat kesembuhan baru bisa didapatkan dengan bantuan pemberian obat dari luar.

Sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab infeksi yang menyerang penis anda. Pengobatan yang diberikan akan berbeda-beda, tergantung dengan penyebab infeksinya. Saat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin, jangan lupa untuk turut mengajak pasangan anda memeriksakan diri juga, karena dikhawatirkan bakteri atau jamur penyebab infeksi telah menyebar ke pasangan anda.

Setelah mendapat pengobatan yang tepat anda perlu mencegah berulangnya kejadian ini dengan menjaga kebersihan kepala penis. Saat mandi, kulit yang menutupi kepala penis harus ditarik agar daerah di bawah kulit tersebut dapat dibersihkan. Atau anda dapat melakukan sirkumsisi (sunat) untuk mencegah berulangnya kejadian ini.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar