Sukses

Meniere Disease

07 Oct 2015, 11:23 WIB
Wanita, 0 tahun.

saya menderita gangguan keseimbangan sejak thn 1993. sdh berobat kemana2 bahkan ke singapura namun tdk kunjung sembuh. terakhir sy didiagnosa meniere. pertanyaan saya apakah meniere tdk bisa disembuhjan? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Tanda-tanda dan gejala utama dari penyakit Meniere adalah:

  • Vertigo yang berulang. Vertigo adalah sensasi yang mirip dengan pengalaman ketika tubuh berputar cepat beberapa kali dan tiba-tiba berhenti. Tubuh akan merasa seolah-olah ruangan berputar dan kehilangan keseimbangan.
  • Episode vertigo terjadi tanpa peringatan dan biasanya berlangsung selama 20 menit sampai dua jam atau lebih, bahkan hingga 24 jam. Vertigo yang berat dapat menyebabkan mual dan muntah.
  •  Gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran pada penyakit Meniere dapat berfluktuasi, terutama pada permulaan penyakit. Kebanyakan penderita Meniere mengalami gangguan pendengaran permanen akhirnya.
  • Tinnitus. Tinnitus adalah suara dering, mendengung, meraung, bersiul atau mendesis di telinga. Pada penyakit Meniere, tinnitus sering terdengar pada nada rendah.
  •  Kepenuhan aural . Kepenuhan aural adalah perasaan penuh atau tekanan dalam telinga.

   

Para ilmuwan telah mengusulkan sejumlah penyebab atau pemicu yang potensial, antara lain:

1. Jumlah cairan yang tidak tepat, mungkin karena penyumbatan atau kelainan anatomi

2. Respon imun yang abnormal

3. Alergi

4. Infeksi virus

5. Genetik

6. Cedera trauma pada kepala

Karena tidak ada penyebab tunggal yang dapat diidentifikasi, kemungkinan penyakit Meniere disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor tersebut.

Tidak ada obat untuk penyakit Meniere, tetapi sejumlah cara dapat membantu mengelola gejala-gejalanya. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan penderita penyakit Meniere merespon terhadap pengobatan, meskipun gangguan pendengaran jangka panjang sulit dicegah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar