Sukses

Kulit Telapak Tangan Mengelupas

07 Oct 2015, 15:26 WIB
Wanita, 22 tahun.

Telapak tangan mengelupas, kering, berdarah, pecah pecah dan kuku-kukunya menjadi rusak. sebenarnya sakit apa dok? bagaimana pengobatannya?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun perlu diketahui bahwa terapi sebaiknya baru diberikan setelah dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter yang kompeten, mengingat diagnosis penyakit kulit dan kelamin akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan tersebut. 

Kulit kering dan pecah pada daerah telapak tangan/jari tangan dapat disebabkan karena iritasi dan alergi terhadap bahan atau benda tertentu. Kondisi ini disebut dengan Dermatitis Kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu).

Apakah Anda terpapar dengan deterjen atau sarung tangan karet? Pajanan detergen berulang pada kulit telapak tangan atau kaki pada akhirnya dapat menyebabkan iritasi, peradangan, kekeringan hingga robekan pada kulit, dan hal ini dapat diperberat dengan penggunaan sarung tangan karet, sabun cuci piring, tindakan sering mencuci tangan, dan banyak faktor lain.

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada kulit yang kering.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar