Sukses

Ruam Popok Dan Dermatitis Atopi
06 Oct 2015, 09:56 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi dokter. Saya mau menanyakan cara menyembuhkan lecet kemerahan di b*kong bayi saya yang berusia kurang dari sebulan?? Dan satu lagi saya ingin menanyakan cara mengobati bintik merah di muka bayi saya dan penyebab timbul bintik merah tersebut. Terimakasih dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Penyebab utama ruam popok pada bayi adalah kelembaban atau kontak yang terlalu lama dengan zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses. Selain itu, ruam popok bisa juga disebabkan oleh adanya riwayat alergi, terjadi gesekan berlebihan antara popok dengan kulit bayi, memakai popok yang terlalu ketat, atau memakai diaper yang terbuat dari plastik atau karet dalam jangka waktu lama sehingga mengakibatkan iritasi.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah ruam popok pada bayi.

  • Mengganti secepatnya jika popok bayi anda kotor untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Bersihkan area popok bayi pada saat mengganti popoknya.
  • Keringkan area popok sebelum memakaikan popok baru.
  • Jika menggunakan pospak, oleskan krim popok tipis-tipis pada area popok agar kulit bayi tidak bersentuhan langsung dengan urin atau kotoran bayi.
  • Pakaikan popok baru yang tidak terlalu ketat untuk memberi ruang bernafas bagi kulit bayi.

Terapi yang dapat Anda segera lakukan saat itu juga ketika anak Anda terkena ruam popok adalah biarkan bayi tanpa popok selama 10-15 menit, agar kulitnya bias bernapas. Bila setelah itu masih memerlukan popok, pastikan Anda memberikannya popok baru yang bersih dan kering –serta sering-sering lah memeriksa dan menggantinya. 

Bila ruam tidak kunjung membaik setelah 3 hari berpuasa popok (atau setidaknya member anak sebanyak mungkin waktu bebas popok), konsultasikan dengan dokter sehingga bias dicari penyebabnya untuk ditangani lebih lanjut. Misalnya apakah iritasi semata sehingga membutuhkan salep hidrokortison 1% atau mungkin ada infeksi jamur sehingga memerlukan salep khusus dan beberapa kemungkinan lainnya.                              

Bintik-bintik merah pada wajah bayi Anda dapat disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah:

  • Keringet buntet terjadi karena adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat. Bila yang tersumbat adalah saluran keringat yang sangat dangkal (dekat permukaan kulit), maka akan terlihat butiran halus berisi cairan berwarna bening. Sedangkan bila yang tersumbat adalah saluran keringat yang terletak lebih dalam, maka akan terlihat bintik merah yang sedikit menonjol pada permukaan kulit dan terasa gatal. Kelainan ini biasanya timbul karena udara panas, dan biasanya muncul pada bagian tubuh yang tertutup.
  • Ruam karena gigitan nyamuk atau serangga disebut dengan istilah bentol yang berupa tonjolan di atas permukaan kulit. Ukuran bentol tersebut bervariasi tergantung jenis serangga yang mengigit kulit bayi dan tingkat kepekaan kulitnya.
  • Ruam susu (dermatitis atopik) terjadi karena bayi alergi terhadap susu fomula yang ia minum atau jika masih asi disebabkan karena ibu memakan makanan yang bersifat alergen untk bayi. Biasanya dialami oleh bayi yang memiliki riwayat alergi dalam keluarga. Muncul dalam bentuk ruam kemerahan, kulit kering yang kadang terlihat bersisik pada kedua pipi bayi, dahi, maupun kulit kepala.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar