Sukses

Sering Kencing

04 Oct 2015, 11:35 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya ingin bertanya, sudah dua hari ini saya tidak berhenti buang air kecil. Sebelumnya dokter mendiagnosis jika kondisi kandung kemih saya kronis. sudah dua hari ini juga saya menggunakan klindamisin dan doksisiklin yang diresepkan oleh dokter. Apakah kondisi yang saya alami normal? Jika tidak, apakah saya menderita penyakit lain? Lalu, mengapa saya tidak henti buang air kecil, meskipun saya mengonsumsi air minum dalam jumlah normal. Apakah ada cara untuk menghentikan kondisi ini? sebab saya mulai tidak nyaman dengan kondisi yang sedang saya alami. terimakasih banyak dok untuk jawabanbya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada beberapa penyakit yang sering menyebabkan kencing:

  1. Infeksi Saluran Kencing: infeksi saluran kencing menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing.
  2. Pembesaran kelenjar prostat: biasa terjadi pada pria yang sudah lanjut usianya >50 thn.
  3. Diabetes mellitus (kencing manis): ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya.
  4. Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih.

Untuk usia Anda, yang sering terjadi adalah infeksi saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kencing adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam. Dokter juga akan memeriksa urin (air kencing) Anda. Bila perlu, akan juga dilakukan pemeriksaan darah dan ultrasonografi (USG) saluran kencing. USG ini digunakan untuk mengetahui apakah ada batu saluran kencing atau tidak. Selain itu Anda perlu sering minum. Orang normal minum 2-3 Liter/hari. Apakah Anda cukup minum?

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar