Sukses

Keamanan Vaksinasi Anak

04 Oct 2015, 12:33 WIB
Pria, 30 tahun.

DOk, anak sy usia 2bln. Saat imunisasi DPT dibidan. Tidak jadi, krn anak saya sdh pernah suntik hepatitis B kedua di RS. Imuninasi di bidan pakai pentabio yg ada HB, sehingga takut kelebihan.. apakah berbahaya?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bisakah Anda jelaskan lebih lanjut mengenai jadwal vaksinasi yang sudah anak Anda dapatkan? Vaksinasi merupakan suatu tindakan yang dapat melindungi anak dari berbagai macam penyakit dimana penyakit-penyakit itu kadang dapat menimbulkan efek yang fatal. Dalam dunia medis, prevensi merupakan tindakan yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk semua orang. Laporan-laporan mengenai efek samping vaksin seperti autis dan lain-lainnya tidak dapat dibuktikan secara klinis karena hal-hal itu hanya dilaporkan oleh segelintir orang yang tidak dapat dibuktikan. 

Jadi menurut kami semua sebaiknya mendapatkan vaksin karena berjuta-juta anak di dunia mendapat vaksin, dan vaksin pun sudah ada jadwal dari Departement Kesehatan Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa vaksin merupakan hal yang aman, direkomendasikan oleh semua dokter, dan tentu dianjurkan oleh Negara.

Saat ini di Indonesia ada lima imunisasi yang wajib diberikan sesuai dengan program imunisasi pemerintah yaitu polio, BCG, hepatitis B, DPT dan campak. Adapun jenis imunisasi yang dianjurkan untuk diberikan pada bayi dan balita meliputi MMR, Hib, tifoid, hepatitis A, varisela, dan vaksin pneumokokus. Bila anak Anda ketinggalan jadwal imunisasi masih dapat dilakukan imunisasi catch-up

Kunjungilah Dokter Spesialis Anak untuk melengkapi imunisasi buah hati Anda.

Berikut artikel yang berkaitan dengan pertanyaan Anda:

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru? (24 April 2014)

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar