Sukses

Usus Buntu, Haruskah Dioperasi?
02 Oct 2015, 10:47 WIB
Pria, 35 tahun.

Konsultasi masalah penyakit saya usus buntu kronis apa wajib operasi atau bisa berobat jalan

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Usus buntu atau disebut apendisitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. Gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam. Untuk menegakkan diagnosis usus buntu diperlukan wawancara medis pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksan darah atau USG.

Bila Anda mengalami usus buntu akut, memang perlu dilakukan operasi oleh karena bila usus buntu itu pecah dapat menyebabkan infeksi yang menyebar sehingga menyebabkan kondisi yang buruk. Sama halnya dengan usus buntu kronis (usus buntu yang sudah berlangsung lama), terkadang memang tidak menimbulkan gejala khas, hanya nyeri dan rasa tidak nyaman pada perut yang dapat berlangsung lebih dari 3 minggu. Terkadang ada pula yang tidak menimbulkan gejala dan baru diketahui saat sudah terjadi inflamasi akut. usus buntu kronis pun sebaiknya dioperasi appendektomi untuk mencegah peradangan akut apendiks dan pecahnya apendiks.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis bedah agar dapat dipastikan bagaimana kondisi usus buntu Anda. Anda bisa melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan radiologi, usg abdomen atau CT Scan. Dokter selanjutnya akan menentukan tindakan yang akan dilakukan. Bila memang keadaannya diharuskan untuk operasi sebaiknya dilakukan tindakan operasi. 

Berikut kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar