Sukses

Mengatasi Diare dan Batuk pada Anak
02 Oct 2015, 18:45 WIB
Pria, 31 tahun.

Halo dokter. dok, anak sy umur 10 bln JK:P. Saat ini dia mengalami diare dg frekuensi 5 x dr pagi hingga sore ini. & kadang-kadang batuk, bila batuk disertai muntah.Kira2 bagaimana solusinya ya dok ! Thanks atas jawabannya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Diare merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan frekuensi BAB yaitu lebih dari 3x dengan perubahan konsistensi BAB menjadi cair. Diare pun dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). 

Apakah hingga sekarang masih diare? Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal seperti intoleransi laktosa, alergi susu, ataupun infeksi (paling sering disebabkan oleh infeksi virus). Apakah anak Anda masih aktif? Bagaimana dengan buang air kecilnya?

Batuk merupakan gejala penyakit yang sering dialami oleh anak-anak yang sering membuat para orang tua khawatir jika terjadi berkepanjangan. Batuk dan pilek pada anak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti infeksi virus, infeksi bakteri dan alergi.

Beberapa penyakit yang dapat dipikirkan yang mungkin berkaitan dengan kondisi anak Anda adalah alergi, infeksi saluran nafas seperti bronchitis dan infeksi paru. Pada kasus alergi, batuk-pilek memang kerap terjadi berulang dan bersamaan apabila anak terpapar oleh bahan-bahan allergen dan sifat keluhan adalah hilang timbul sesuat waktu paparan. Seringkali timbul malam dan pagi hari. Sedangkan pada penyakit bronchitis, biasanya batuk disertai dengan keluhan demam dan sulit bernapas, namun biasanya gejala berlangsung 5-10 hari dan membaik dalam 10-14 hari. Berbeda dengan alergi dan bronchitis, pada infeksi paru biasanya menimbulkan manifestasi yang beragam mulai dari ringan hingga berat dan keluhan yang timbul biasanya bersifat progresif seperti pada penyakit tuberculosis paru. Namun karena keterbatasan data yang ada kami tidak dapat memastikan penyebab pasti dari batuk dan pilek berulang yang anak Anda alami.

Untuk mencegah agar anak Anda tidak sering terkena batuk dan pilek masa sering-seringlah mencuci tangan sebelum menggendong ataupun berkontak dengan anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, jaga kebersihan rumah, jaga lingkungan agar tetap lembab, hindari faktor-faktor pencetus yang dicurigai dapat menyebabkan alergi pada anak seperti AC yang terlalu dingin, jaga kebersihan karpet, bantal ataupun boneka yang berbulu atau hindarkan dari jangkauan anak, serta hindarkan anak dari paparan debu, asap rokok maupun asap kendaraan bermotor. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan cara memberikan makanan bergizi, tidak mengkonsumsi es dan menjaga kebersihan anak dan lingkungan tempatnya bermain.

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Anak, agar dapat dilakukan pemeriksaan tubuh dan didapatkan diagnosa gangguan pada anak Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar