Sukses

Penis Perih dan Mengeluarkan Cairan
02 Oct 2015, 11:43 WIB
Pria, 33 tahun.

Salam dokter Saya mau tanya apa penyebab alat kelamin saya agak perih dan terkadang agak sedikit gatal diujung lubang kencing disertai ada sedikit keluar cairan...yang mana hal ini terjadi disaat terakhir kali saya berhubungan intim dengan isteri saya...dan ini sdh berlangsung sekitar 2 minggu lebih...adakah obat yg bisa menyembuhkan penyakit seperti ini...akan tetapi saya sangat alergi dan hyper sensitive terhadap obat2an...karena sebelumnya saya sdh pernah terkena ppenyakit lambung dan radang usus,adakah cara pengobatan secara external atau obat yang tidak berefek terhadap lambung dan usus saya... Baik,sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.
 
Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya.
 
Bagaimana dengan detil keluhan Anda? Bagaimana warna, konsistensi, dan jumlah cairan? Karena hal tersebut akan mempengaruhi diagnosis.
 
Jika benar Anda mengalami infeksi, maka dibutuhkan obat minum untuk menyembuhkannya. Sebelum dokter memberikan obat, beritahu kepada dokter bahwa Anda memiliki alergi terhadap obat tertentu dan sakit maag, agar dokter memberikan pilihan obat yang aman untuk Anda.
 
Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dapat dievaluasi dan mendapatkan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar