Sukses

Kutu Rambut
30 Sep 2015, 14:04 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok saya sedang hamil 5 bulan, sebenarnya malu mau tnya ini,hehe, mohon maaf saya sedang "ketularan" kutu rambut dr saudari saya. mau tnya blh apa gk pake obat kutu yg bermerk "ped*tox" ,soalnya takut mempengaruhi janin dlm kandungan saya.. terima kasih sblmnya...

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Serangan kutu rambut atau dalam dunia kedokteran disebut Pedikulosis kapitis adalah infeksi dan infestasi kulit kepala dan rambut manusia yang disebabkan oleh kutu kepala Pediculus humanus var capitis. Penularan melalui kontak langsung dengan agen penyebab (misalnya, Kontak fisik erat dengan kepala penderita seperti tidur bersama atau Kontak melalui benda perantara yang terinfestasi, misalnya pemakaian bersama aksesori kepala, sisir, dan bantal juga dapat menyebabkan kutu menular.
Gejala yang paling sering timbul adalah gatal di kepala akibat reaksi hipersensitivitas terhadap air liur kutu saat makan maupun terhadap kotoran kutu. Namun bisa juga tanpa gejala.
Dalam penatalaksanaannya sebaiknya rambut pasien dipotong sependek mungkin, kemudian disisir dengan menggunakan sisir serit, menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari kontak erat dengan kepala penderita. Pengobatan topikal merupakan terapi terbaik, yaitu dengan pedikulosid/pembasmi tungau dengan salah satu pengobatan di bawah ini:

·Malathion 0.5% atau 1% dalam bentuk losio atau spray, dibiarkan 1 malam.

·Permetrin 1% dalam bentuk krim, dibiarkan dalam 2 jam, tidak dianjurkan pada bay di bawah umur 2 tahun

·Gameksan ( gama benzena heksa klorida) 1%, dibiarkan dalam 12 jam., tidak dianjurkan pada wanita hamil dan anak di bawah 6 tahun

Pedikulosid sebaiknya tidak digunakan pada anak usia kurang dari 2 tahun. Cara penggunaan: rambut dicuci dengan shampo, kemudian dioleskan losio/krim dan ditutup dengan kain. Setelah menunggu sesuai waktu yang ditentukan, rambut dicuci kembali lalu disisir dengan sisir serit.

Apakah Anda yakin tungau yang Anda maksud memang kutu rambut? Sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat untuk meyakinkan diagnosis dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah Anda. Mengenai rekomendasi obat yang Anda gunakan, harus dicari tau lebih lanjut apakah kandungan yang terdapat dari obat tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar