Sukses

Kawat Gigi dan Ibu Hamil
02 Oct 2015, 15:13 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saat ini saya sedang hamil 1 setengah bulan dan memakai behel sekitar 9 bulan. Saat ini cukup mengganggu karena gigi saya sering sekali ngilu dan gusi sakit. Apa sebaiknya behel saya lepas dulu? Apa ada pengaruh ke konstruksi gigi saya yg sedang dibentuk kalau dilepas sekarang, atau apa ada pengaruh ke kehamilan saya kalau saya lepas behel atau tetap memakainya. Terimakasih, Dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perawatan orthodontik (kawat gigi) tetap dapat diteruskan dan tidak bermasalah jika nanti Anda hamil. Yang penting diperhatikan adalah kedisiplinan dan ketelatenan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yang sedang dirawat dengan kawat gigi, karena ada bagian-bagian yang sulit dibersihkan terutama antara bracket dan gigi.

Sedikit informasi, wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormonal yang cukup drastis, dan hal ini turut bermanifestasi ke rongga mulut. Perubahan hormonal dan penurunan HB pada wanita yang sedang hamil menyebabkan ibu hamil lebih rentan untuk mengalami radang gusi, tandanya gusi bengkak, merah terang, dan mudah berdarah.  Jika dibiarkan tanpa penjagaan oral hygiene yang baik, kondisi ini dapat mengarah kepada penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi termasuk gusi dan tulang). Telah dilaporkan beberapa kasus ibu hamil dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk dan menderita penyakit periodontal yang berat, melahirkan anak secara prematur atau berat badan lahir bayi kurang dari normal. Oleh sebab itu lebih baik kontrol ke dokter gigi secara teratur untuk aktivasi kawat gigi Anda sekaligus untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut secara keseluruhan serta konsultasikan masalah dan keluhan yang dialami.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar