Sukses

Belatung Yang Keluar Dari Mulut Dan Hidung

30 Sep 2015, 15:00 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, ada kerabatku wktu siang dia makan mangga, tp gatau nya di dlm mangga itu ada belatung ikut kemakan, beberapa jam nya belatung2 itu ada yg kluar dri hidung sama mulut. Itu gmna dok solusinya ? Bahaya gak? Soalnya takut bgt Trmaksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Anda tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menelan binatang kecil, terutama dalam jumlah sedikit, karena dalam sistem pencernaan kita mempunyai sistem pertahan yang baik, salah satunya yaitu Asam lambung. Didalam lambung, asam lambung akan membunuh bibit penyakit dan dihancurkan bersama dengan makanan. Selain itu, binatang yang tidak sengaja tertelan biasanya telah terlebihdahulu mati ketika terkena asam lambung karena tingkat keasamannya yang tinggi.

Untuk masalah keluarnya belatung pada hidung dan mulut dalam kedokteran itu dinamakan Myasis. Myasis adalah invasi larva lalat pada jaringan tubuh sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut. Myasis dapat berasal dari perlukaan akibat trauma yang dibiarkan terbuka dan didukung dengan adanya lingkungan kandang yang kotor sehingga mempermudah adanya invasi larva lalat.    

Terapi dapat dilakukan dengan pencucian menggunakan Kalium permanganat (PK) kemudian diberikan Penicillin 20.000 IU/kg bb dan salep biru secara topikal, setelah itu pasien diberikan Metronidazole 20 mg/kg bb po. Pencucian dengan Kalium permanganat bertujuan melisiskan jaringan yang telah mengalami nekrosa. Penicillin diberikan untuk mencegah infeksi bakteri yang mungkin terjadi akibat luka yang terbuka. Pemberian metronidazole untuk mencegah infeksi bakteri yang terjadi terutama bakteri anaerob (Bishop 1996). Salep biru merupakan salep racikan yang digunakan secara topikal serta mengandung minyak ikan, vaselin album, sulfanilamida, dan Gusanex®. Minyak ikan mengandung vitamin A dan D yang bagus untuk regenerasi kulit. Sulfanilamida serbuk merupakan antibiotik yang berfungsi untuk mencegah infeksi sekunder oleh bakteri. Sedangkan Gusanex® merupakan parasitidal yang bagus untuk mengatasi ektoparasit.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar